nhk

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Ban Depan Tergerus, Rossi Kecewa Kehilangan Podium

ManiakMotor – Meski posisi keenam di garis start, Valentino Rossi sempat membuktikan omongannya kalau tetap optimis menjalani balapan. Sayang, ban depannya tak bisa diajak untuk bertarung 21 lap.

Austin yang 20 tikungan menyiksa daya tahan ban depan M1 The Doctor. Telapak sisi kanannya tergerus dan makin lama makin parah sampai akhirnya kehilangan daya cengkeram saat belok kanan. Itu sebabnya motor sang jagoan Italia  melambat dan amat mudah disalip pembalap lain. Jika sampeyan putar ulang balapan Austin memang terlihat betapa Rossi kelabakan di tikungan kanan.

Padahal, doski sempat bikin harapan besar buat fans maupun Yamaha karena bertarung dalam perebutan posisi ketiga di belakang Marc marquez dan Dani Pedrosa. Meski terbuang ke posisi ke-9 selepas start akibat terpesona aksi Jorge Lorenzo di grid samping kanannya yang jump start, Rossi masih terlihat garang menyalip satu per satu pembalap di depannya.

Kala bertarung dengan Andrea Iannone (Pramac Ducati) di posisi podium, saat itulah Rossi menyadari ketidak normalan ban depannya. Ia harus berjuang ekstra untuk meneruskan balapan dan finish ke-8. Dengan hanya tambahan 8 poin, posisi Rossi di klasemen pun turun jadi ke-3 dengan poin total 28. Ia disalip Pedrosa yang kini mengumpulkan 36 poin. “Mengecewakan karena seharusnya dapat podium sebagaimana target awal. Sayang sekali saya tak bisa berada di sana,” ujar The Doctor.

Mengacu pada data yang ada, sebenarnya Yamaha telah antispasi kemungkinan hal itu terjadi. Perubahan set-up dilakukan dan setelah diuji tahan 16 laps. “Tadinya kami pikir problem itu sudah teratasi. Ini tugas tim untuk membuat motor makin kompetitif dan menyongsong seri berikutnya di Argentina,” komentar Direktur Tim Movistar Yamaha Massimo Meregalli.

Maksudnya, ban tergerus juga soal settingan. Kan yang lain tetep meluncur ke finish tanpa persoalan ban.  Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Ngaku Salah Besar, Lorenzo Minta Maaf Soal Jump Start

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Marquez Akui Bikin Bosan Penonton, Mental Lawan Ditekan Habis

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Podium Perdana Dovi dan Gigi, Kebangkitan Ducati

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race); Marquez Juara, Yamaha Berantakan, Ducati Ke-3

 

BAGIKAN