nhk

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race); Marquez Juara, Yamaha Berantakan, Ducati Ke-3

ManiakMotor – Jorge Lorenzo rupanya ingin mengulang start melejit duluan seperti kelebihannya. Tapi kali ini momentumnya tidak bersamaan dengan padamnya lampu lampu start. Ya sudah, dia dianggap jump start dan dipenalty harus melintasi  pit-line saat lomba ronde 2 MotoGP 20014 yang berlangsung di sirkuit Austin, Texas, Amerika pada Minggu 13 April di sana dan di sini sudah dinihari atau Senin 14 April.

Gara-gara Lorenzo melejit duluan, reaksi teman setimnya di Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi terkesima sebentar. Maklum Rossi start berdampingan dengan Lorenzo dan membuat Rossi tercecer ke-9. Di saat sama, Marc Marquez tetap tenang dengan jurus yang sudah dirancangnya untuk mulus start. Dalam lima lap awal seperti kata Marquez hanya Dani Pedrosa yang ia hitung dan memang Pedrosa persis di belakangnya. 

Anehnya, Pedrosa yang menggunakan ban medium seharusnya bisa menempel Marquez di awal-awal lomba, ini malah membayangi. Marquez yang memilih kompon keras. Medium kan cepat panas dan lebih lembut alias sejak awal bisa digeber, karena lebih lengket. Tapi begitulah Marquez, tancap terus. Sudah lap ke-7, Pedrosa malah ditinggal 1.6 detik dan pembalap ke-3 doiperebutkan Andrea Ianonne, Rossi dan Stefan Bradl sudah ditinggal jauh, jauh dan jauh, kisaran 8 detik.

Dipersingkat saja ceritanya, Marquez tanpa tanding, seng ada lawan mengalirkan motornya dan melanggang kangkung di sirkuit teknikal Austin. Pengiuasaan motornya di Austin luar biasa termapil. Bahkan bisa ‘tiduran’ alias memiringkan motornya sampai 61o di tikungan. Ya, Marquez raja Austin dalam dua kali MotoGP dihelat di sana. Saat finish pun ia meninggalkan Pedrosa yang ke-2 dengan 5 detik dan mengasapi yang ke-3 ditempati Andrea Dovizioso (Ducati) 20 detik, jauh kaleee.

Sementara, Yamaha di laga ini berantakan sekali, kalau boleh dibilang pontang-panting. Rossi tadinya sudah mulai masuk ketiga, eh melakukan kesalahan saat mau menyalip Iannone. Lantas, Rossi terus melorot dan kayaknya (karena belum ada komentar) ada persoalan dengan M1-nya, hanya finish ke-8. Sedang Lorenzo dari kasus jump start tadi, masih lumayan dapat poin, finish ke-10. 

Ya, begitulah. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Ban Depan Tergerus, Rossi Kecewa Kehilangan Podium

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Ngaku Salah Besar, Lorenzo Minta Maaf Soal Jump Start

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Marquez Akui Bikin Bosan Penonton, Mental Lawan Ditekan Habis

 

 

HASIL MOTOGP AMERIKA

 

BAGIKAN