nhk

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race): Podium Perdana Dovi dan Gigi, Kebangkitan Ducati

 

ManiakMotor – Baru dua kali race, Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna sudah beri podium buat Ducati. Prestasi langka buat tim pabrikan Italia itu sejak ditinggal Casey Stoner di awal musim 2011. Saat Valentino Rossi gabung dalam tim itu, ia hanya peroleh tiga podium sepanjang dua tahun. Tahun lalu, tak sekalipun Desmosedici naik panggung.

Kini mulai berubah sejak kedatangan Gigi yang ‘dibajak’ dari Aprilia pada November tahun lalu. Ia merevolusi manajemen Ducati dengan memperkuat sinerji para peneliti di pabrik dengan kru teknis di sirkuit. Terobosan besar lainnya memindahkan kompetisi Desmosedici  dari pabrikan ke Open Class pada musim 2014.

Hasilnya langsung terlihat. Di sesi pembuka GP Qatar, duet Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow langsung finish 5 dan 6. Puncaknya di ronde kedua Austin, kala Dovi mampu naik podium bersama duet Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Start dari posisi ke-10, itu dalah buah perjuangan melelahkan Dovi yang harus jalani pertarungan rapat dengan Rossi maupun Stefan Bradl (LCR Honda). Wajar kalau sambutan sangat besar. Para tifosi Ducati langsung sahut-sahutan di ajang sosial media.

Itu podium perdana Dovi di Ducati sejak gabung pda musim 2013, sekaligus podium ke-64 sepanjag karir mantan rider Repsol Honda dan Yamaha Tech3 itu. “Ini penantian yang sangat panjang. Balapan hari ini sungguh fantastis,” ujar Dovi yang disambut timnya seakan dialah pemang GP Austin sesungguhnya.

Gigi juga gembira dengan mencetak lembar awal yang bersejarah buat Ducati. Kedatangan pentolan teknik dari Italia itu memang diharapkan jadi titik terang. “Ini tanda kalau langkah yang kami ambil selama ini sudah di jalur benar. Tugas berikutnya adalah pengembangan agar lebih dekat dengan tim lain,” sahutnya.

Sayang, sukses ini harus dibayar dengan kecelakaan dramatis yang menimpa Crutchlow. Ia harus ditandu dari dalam sirkuit karena tak mampu berdiri. Belum diketahui cidera macam mana yang menimpadirinya. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

MotoGP 2014 Austin Amerika (Race); Marquez Juara, Yamaha Berantakan, Ducati Ke-3

MotoGP 2014 Austin Amerika: Warm-Up Masih Saja Marquez

MotoGP 2014 Austin Jelang Race: Berada di Depan Rossi-Lorenzo, Aleix Andalkan Fisik

MotoGP 2014 Jelang Race Austin Amerika: Terulangkah Duel Rossi vs Marquez?

BAGIKAN