nhk

MotoGP 2014 Austin Jelang FP3/Q2: Rossi Ubah Riding Style, Lorenzo Capek

 

ManiakMotor – Duet pembalap pabrikan Yamaha masih bersemangat tinggi meski diobok-obok di dua sesi awal GP Austin. FP1 dan FP2 yang berlangsung Kamis 11 April di Emrik sana, bahkan Jorge Lorenzo posisi ke-12 dan ke-8. Masih mendingan Valentino Rossi yang ke-4 dan ke-5.

Toh, target front row (start baris depan) tetap akan dikejar di sesi selanjutnya. Austin tahun lalu kurang nyatu dengan  M1. Tim elit semacam Movistar Yamaha MotoGP dihuni JL dan VR46 pastilah sudah tahu obatnya menanggulangi agar motor mengalir di 20 tikungan. “Punya potensi tiga besar, bila bisa memaksimalkan kinerja ban belakang dengan suspensi. FP2  pakai kompon lunak,” ujar Rossi yang tidak menjelaskan apakah kompon lunak ini lebih ngerip atau gimana.

Ya, namanya terlalu grip juga kurang bagus, roda sulit bergeser dan di tikungan dorongannya terlalu kuat. Apalagi bila tak punya grip, ya makin parah. Pokoknya dicari ban yang pas dengan power dan kinerja suspensi. Kolo ketemnu, modal Rossi berebut tiga besar di Q2 yang bukanlah hal mudah melihat hasil latihan bebas hari pertama. Apalagi tertinggal 1 detik lebih dari Marc Marquez.

Gara-gara ban, The Doctor mengakui kurang  seimbang di beberapa tikungan khas Austin. Ia harus menset-up ulang suspensi, gigi rasio, grafik power M1 yang semuanya berhubungan dengan elektronik. Untuk itu, Rossi siap mengubah riding style. Ya memang, Austin kudu agresif, gerak terus bro.

Kurang lebih sama dengan Lorenzo yang minta koatak-katik sektor elektronik. Meski terserang virus flu dan kecapekan pasca tur Amerika Latin. “Seperti tahun lalu, kami sulit melawan Honda di sini. Tak hanya set-up pacuan perlu ditingkatkan, kesehatan saya pun begitu. Di atas motor rasanya capek sekali dan hanya sanggup bikin 10 laps,” keluh JL yang memang tampak kurang sehat dari wajahnya.

Tahun lalu sebenarnya usai lomba Lorenzo mengaku sudah dapat celah yang tersulit Austin. Bukan hanya taktik membalap, bahkan set-up motor agar sesuai gaya bawanya di celah tersebut katanya berhasil didpat. Mungkin belum bisa dijalankan jurusnya karena masih flu. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

MotoGP 2014 Austin Jelang FP3 Dan Q2; Marquez Yakin Lebih Kencang Lagi

MotoGP 2014 Austin Jelang FP3: Rossi/Lorenzo Mengeluh, Open Class Diuntungkan Ban

MotoGP 2014 Austin, Amerika FP2; Marquez Kuasai Latihan Di Texas, Posisi 2 Ditinggal 1 Detik

MotoGP 2014 Austin Amerika FP1; Marquez Asapi Semua Joki

 

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353