nhk

MotoGP 2014 Austin Jelang FP3: Rossi/Lorenzo Mengeluh, Open Class Diuntungkan Ban

ManiakMotor – Baru dua sesi FP2 berlangsung, Marc Marquez langsung meraja. Itu pertanda RC213V memang ngikut racing line trek Austin di Amerika. Sekaligus tanda ban spesifikasi 2013 tak jadi masalah buatnya di sesi FP1, FP2 dan nanti berlanjut ke FP3 sampai kualifikasi 12 Apriil 2014.

Beda dengan punggawa Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo yang sejak sesi jumpa pers sudah bilang tak suka dengan ban tipe 2013. Bridgestone memang terpaksa pakai tipe ban itu lantaran spek 2014 tipe medium terganjal proses produksi. Mungkin mereka kehabisa getah karet.

“Saya nggak habis pikir kenapa mereka berikan ban ini. Padahal kami bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan spek 2014. Saya tak suka ini,” ketus The Doctor yang dari segi mental memang layak protes. Soalnya itu tadi, ban yang disetel saat test pramusim malah gak digunakan. Di FP1 Rossi hanya ke-4 dan FP2 ia ke-5.

Hal sama diapungkan Lorenzo meskipun ia bersikap lebih bijak dengan bermain apa adanya. “Saya akan balapan dengan ban yang ada. Saya harus terima yang diberikan Bridgestone sembari menyesuaikan sesi demi sesi,” tandasnya sembari utak-uatik strategi di FP3 dan 4 untuk menghadapi sesi Q2. DI FP1 Lorenzo hanya ke-12 dan FP2 luamayan naik ke-9.

Marquez pun sebenarnya tak setuju dengan kebijakan itu dan memaklumi kekecewaan Rossi. Tapi, jujur ia akui tak terlalu jadi masalah buat pacuannya. Tak heran MM merajai sesi FP1 dan FP2, sementara musuhnya keleleran. Di FP2 sang musuh ia pukul dengan  selisih waktu lebih sedetik. “Sejak awal kami sudah punya dasar setingan yang bagus, tinggal penyesuaian saja,” ujar Marquez.

Omong-omong soal ban, para joki Open Class jelas diuntungkan regulasi yang memberikan mereka ban belakang slick berkompon lunak. Aleix Espargaro (Forward Yamaha FTR) sukses jadi pembalap kedua tercepat FP1. Hal sama dirasakan Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone di FP2. Kedua rider Ducati itu menempati posisi 2 dan 4 di FP2 sekaligus mengirim Rossi di belakang mereka. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

MotoGP 2014 Austin, Amerika FP2; Marquez Kuasai Latihan Di Texas, Posisi 2 Ditinggal 1 Detik

MotoGP 2014 Austin Amerika FP1; Marquez Asapi Semua Joki

MotoGP 2014 Austin Amerika; Rame, Lorenzo Pikir-Pikir Kontrak Ulang Dengan Yamaha 2015

MotoGP 2014 Austin Amerika: Rossi Ingin Bukti M1-nya Di Sirkuit Teknikal

 

 

BAGIKAN