nhk

MotoGP 2014 Austin Jelang FP3: Tanpa SSG, M1 Aleix Kewalahan, 4 Tikungan Gigi 1

ManiakMotor – Pemain Open Class (OC) Aleix Espargaro sempat bikin kejutan di FP1. Ia finish kedua di belakang Marc Marquez dengan gap 0,887 detik. Tapi, di FP2, justru melorot ke posisi 6 dengan selisih 1,354 detik. Ada apa, bro?

Tak tegas ia singgung teknologi seamless shift gearbox (SSG), tapi jelas daftar keluhan Aleix berkaitan dengan itu. Karakter tikungan Austin yang butuh pengereman keras dan akselerasi deras di berbagai tempat, mulai membuatnya kewalahan dan itu terjadi di FP2. “Ada 4 tikungan yang harus dilewati dengan gigi 1 dan secepatnya betot gas lagi usai melewatinya,” tukas Aleix yang banyak kehilangan waktu di lokasi itu.

Problem itu dialami Jorge Lorenzo tahun lalu di Austin dan makin ngotot minta SSG yang bisa bikin mulus perpindahan gigi. M1 milik Aleix tak dilengkapi piranti itu. Yang wajib dilakukan Aleix  meningkatkan engine brake dan stabilitas pengereman di tikungan lambat. Dua hal ini juga banyak membuang waktu.

Untuk single lap FP3 dan Q2 hari ini Aleix yakin tetap  bersaing. Saat lomba juga sama yakinnya, karena ia membawa bahan bakar lebih dari tim pabrikan dan satelit. “Yang saya harapkan konsistensi kecepatan. Itu yang dibutuhkan dalam balapan. Masih ada kesempatan kerja keras di FP3 dan 4 untuk set-up,” tutup Aleix yang belajar dari kasus GP Qatar, tercepat di tiga sesi FP tapi faktanya kalah di balap sungguhan.

Begitulah nasib motor kualitas kesekian dari pabrik, apalagi di Austin. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

MotoGP 2014 Austin Jelang FP3/Q2: Rossi Ubah Riding Style, Lorenzo Cepek

MotoGP 2014 Austin Jelang FP3 Dan Q2; Marquez Yakin Lebih Kencang Lagi

MotoGP 2014 Austin Jelang FP3: Rossi/Lorenzo Mengeluh, Open Class Diuntungkan Ban

MotoGP 2014 Austin, Amerika FP2; Marquez Kuasai Latihan Di Texas, Posisi 2 Ditinggal 1 Detik

 

 

BAGIKAN