nhk

MotoGP 2014 Austin Jelang Race: Berada di Depan Rossi-Lorenzo, Aleix Andalkan Fisik

 

ManiakMotor – Benar juga judul tuh. Kalah motor, ya andalkan fisik. Bedalah dengan Marc Marquez, sudah motor oke fisik juga prima ala ABG. Nah fisik saja yang jadi andalan Aleix Espargaro seperti yang ia peragakan di Q2, Sabtu 12 April di Austin. Macam mana di balapan pada 13 April ini?

Dari tinjauan teknis, Aleix cukup mengerti akan sulit melawan sesama Yamaha yang dibesut Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Meski sama-sama M1, jeroan motornya  berbeda. Tim pabrikan versus Open Class, bro! Kalaupun ia bisa start dari grid  4 dan  JL dan VR46 di posisi 5 dan 6, tak lain bantuan ban belakang berkompon lunak yang memang khusus untuk Open Class.

Melakoni balapan 21 lap beda lagi ceritanya. Austin membutuhkan pergerakan terus menerus dan lengan harus kuat untuk pengereman keras di dalam 20 tikungannya. Ia dukung  penilaian Lorenzo kalau trek Austin memang milik Honda. Ia kewalahan lantaran motornya tanpa peranti SSG dibandingkan tiga motor lain di depan dan dua di sebelahnya.

Karena jauh lebih muda dari JL dan VR46, bisa jadi satu poin dimaksimalkan Aleix soal fisik lebih bugar. Butuh tenaga joki untuk membolak-balik motor di Austin. “Stabilitas motor harus banyak dibantu gerakan tubuh yang cepat dan berulang-ulang. Saya sangat terbantu di situ,” kata rider Spanyol berumur 24 itu.

Meski ragu, Aleix tentu tetap menyimpan asa mendarat di posisi podium. Meski secara teknis sulit, siapa tahu justru ada hal nonteknis yang mendorongnya ke podium. Namanya balapan ya banyak hal tak terduga bisa terjadi.  “Dengan motor baru, sasis dan aerodinamika baru, saya ingin lihat hasilnya dalam balapan,” ujar peenunggang Open Class yang fenomenal itu, sekaligus sebagai sinyal ancaman buat Rossi dan Lorenzo.

Tapi kuat nggak? Selain bergerak tuntutan dari sirkuit, juga sering fisik digerogoti liarnya motor khas kelas ke sekian dari pabrikan loh. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Austin Amerika, Semua Sesi & Kelas, 11 – 13 April

MotoGP 2014 Jelang Race Austin Amerika: Terulangkah Duel Rossi vs Marquez?

MotoGP 2014 Austin Jelang Race: Bradl Siap Menyerang Atau Bertahan?

MotoGP 2014 Austin Jelang Race: Potensi Rossi-Lorenzo Saling Gempur, Rossi Tetap Menikmati

MotoGP 2014 Austin Amerika; Jelang Race Ucapan Pedrosa Mulai Kenyataan

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353