nhk

MotoGP 2014 Australia (Pasca Race): 10 Tahun Penantian The Doctor di Philip Island

 

ManiakMotor – Di zaman jayanya dan sekarang masih setengah jaya, hehe, Valentino Rossi jagoan Sirkuit Philip Island. Ia menang beruntun musim 2001 sampai 2005. Musim 2006 The Doctor hanya podium tiga, kalah dari  Marco Melandri dan Chris Vermeulen (Suzuki).Tahun itu Casey Stoner  (LCR Honda) jalani debutnya di MotoGP dan finish ke-6 di depan orang tuanya, kan negeri sendiri.

Setahun kemudian atau 2007 Stoner jadi penguasa baru Philip Island. Stoner seperti kuncennya sirikuit tersebut. Ia  pegang kunci mirip almarhum Mbah Marijan yang jos itu di Merapi. Stoner tak beri angin sikit pun pada rider lain jadi juara di situ. Dari tahun itu hingga pensiun di akhir musim 2012, Stoner tak terkalahkan.

Baru tahun lalu Jorge Lorenzo mencicipi podium paling atas di trek pinggir laut. Kini Rossi kembali ke sana sebagai kampiun. “Kemenangan ini  fantastis, di sirkuit yang benar-benar sulit namun salah satu yang paling saya sukai. Ini penantian 10 tahun,” ujar Rossi di tengah hura-hura Yamaha merayakan sukses mengisi semua podium di GP Australia. Itu pun penantian lama Yamaha, sejak 2008.

Rossi berkisah – ya kalau juara bebas cerita – katanya meski start dari grid 8 doski yakin bisa ke depan karena merasakan M1-nya nurut. Tak sulit melewati beberapa pembalap di depannya sampai kemudian menemui Lorenzo. Sekian lama dua-duan macam rivalitas mereka pada 2009. Rossi mengaku  menikmati pertemuan itu karena sejak musim lalu memang tak banyak momen menjadikan mereka duel.

“Sebenarnya saya tak begitu jauh dari Marquez, sekitar 2 detik. Tapi, saya ingin fokus finish di depan Jorge untuk menjaga runner up klasemen. Tak lama kemudian Marc kecelakaan dan saya leluasa pada posisi yang sudah jauh di depan. Lama sekali tak rasakan hal begini,” lanjut Rossi yang mengasapi Lorenzo 10-an detik di garis finish.

Betul Doc, fans sampeyan yang berjuta-juta itu pun sudah lama nggak lihat jagoannya tampil seperti itu. So, lanjutkan di Sepang dan Valencia! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Philip Island, Australia, Semua Kelas Dan Sesi 17 – 19 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Philip Island (Pasca Race): Double DNF, Rekor Buruk Honda Sejak 2010

MotoGP 2014 Philip Island Asutralia (Race): Rossi Juara Diuntungkan Cara Bawanya, Kompon Ban Awet

MotoGP 2014 Philip Island, Australia (Race): Rossi Juara, Ke-2 Lorenzo, Marquez Jatuh

 

BAGIKAN