nhk

MotoGP 2014: Beda Gaji dan Potensi, Smith Saling Gempur Dengan Pol Espargaro

 

ManiakMotor – Sampai saat ini belum ada keterangan resmi tentang jeroan Yamaha M1 milik tim Tech3 musim depan. Apakah sama spesifikasinya dengan M1 milik tim Yamaha Factory Racing (YFR). Jika sama maka Bardley Smith pun punya potensi ikut nyodok ke baris depan 2014.

Soal skill, mantan rider Moto2 itu terbilang lumayan oke di musim pertamanya di MotoGP 2013. Ia masuk 10 Besar meski pacuannya tak sebagus Cal Crutchlow yang jadi rekan satu timnya di Tech3 2013. “Ada beberapa perbedaan penting di antara pacuan kami,” aku Smith.

Kini Cal sudah pergi ke Ducati. Gantinya Pol Espargaro yang juara dunia Moto2 2013 dengan status spesial masuk ke Tech3. Ia mendapat kontrak langsung dari YFR dan digaji oleh tim elit itu yang pastinya lebih gede dari Smith. Potensinya masuk tim utama musim 2015 pun sudah dirancang, entah nanti menggantikan Valentino Rossi atau mungkin juga Jorge Lorenzo. Sedang si Smith ini tetap dalam status pembalap milik Tech3 yang THR-nya pun nggak sama dengan Pol.

Perjuangan besar masih membentang untuk tentukan nasib Smith pada musim 2015. Tapi, perbedaan itu justru jadi pemicu buat Smith untuk bersaing dengan Pol sekaligus pembuktin buat Yamaha. Satu-satunya syarat agar bisa melakukan hal itu jika ia punya motor yang sama dengan Pol. “Dan, saya sangat senang karena Yamaha maupun Herve (Poncharal, pemilik tim Tech3) berjanji memberi kami motor yang setara. Rivalitas saya dengan Pol akan adil karena semua fasilitas teknis yang ia dapat dari Yamaha juga akan saya dapatkan,” kata Smith.

Jika janji itu benar adanya maka yang menarik musim depan bukan saja saling gempur antara Pol dengan dirinya, tapi juga kesempatan mereka melawan pembalap muda Honda Marc Marquez. Ada kecenderungan Yamaha akan mensuplai tim satelitnya dengan spek M1 pabrikan dengan tujuan agar Pol lebih cepat beradaptasi dan memberikan perlawanan terhadap Marquez yang musuh besarnya sejak kanak-kanak. Ya, memang bukan 2014 tapi dalam jangka panjang, namun bila terjadi lebih cepat ya lebih bagus.

Hitung-hitungannya, jika Pol bisa menggangu Marquez musim depan maka kesempatan serupa pun terbuka buat Smith. Tapi, itu tadi Brosisit, kalau Pol memang dibekali mainan yang sama dengan JL dan VR46, dan dengan sendirinya Smith pun mendapatkan spek yang sama. Kalau masih dikasi M1 KW2 ya jangan harap ketemu Marquez. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Rossi Kembali ke Ferrari 2015, Duet Dengan Fernando Alonso

MotoGP 2014; Rossi Kehilangan Agresif, Korbannya Rem M1..?

MotoGP: Sisi Lain Marquez, Lebih Mudah Nyalip Lawan Daripada Pilih Kado

MotoGP 2014: PR Mekanik Rossi Cs, Hemat BBM Namun Tetap Terbang

MotoGP; Rossi Beramal Ke Yayasan Anak Dengan Mobil Corak VR46

 

 

 

BAGIKAN