nhk

MotoGP 2014 Belanda (Jelang Race): Canda Rossi Soal Assen, Marquez Kaya Racing Line

ManiakMotor – Seperti ucapan sebelumnya, Valentino Rossi merasa M1-nya siap bertempur. Sayang, katanya, Marc Marquez juga banyak kemajuan setelah setahun di MotoGP. Menurut Rossi, Marquez kaya dengan improvisasi jalur.  

Enam kali juara MotoGP di Assen, Rossi merasa Marquez tetap jadi lawan terberat apalagi Rossi start dari grid 12. Katanya, Marquez bocah ajaib itu bisa menang di Mugello dan Catalunya yang di atas kertas adalah trek yang menguntungkan Yamaha ketimbang Honda.

Begitu pula Assen yang dalam tradisinya lebih banyak dimenangi Yamaha, bisa beda di tangan MM. “Ia tak hanya cepat, tapi juga cerdas. Ia bisa gonta-ganti racing line. Karena itulah dia bisa menghadang pembalap dan menutup celah musuh di belakangnya. Ia pun selalu melakukan pengerem lebih dalam. Sulit mengalahkannya, tapi harus mencobanya di mana saja,” ujar The Doctor yang artinya kolo bukan di Assen di sirkuit lain deh.

Contoh cerdas yang dikatakan Rossi bisa diterawang oleh elmu kira-kira. Variasi racing line Marquez sangat kaya. Coba perhatikan saja di Assen saat menikung panjang. Bukan tubuh Marquez dan moncong motornya yang dominan belok, tapi lebih banyak  roda belakang. Macam cara belok dirt track, mainan special engine yang saban hari dilakukan Marquez untuk melatih fisik dan refleksnya.

Itu roda belakang digeser lama (slide) di tikungan panjang langsung disusul rebah sadis di sudut yang dibutuhkan. Maka terciptalahjalur dewek. Itu masuk tikungan bro. Kolo keluar tikungan, you tahulah badannya yang gelantungan dan bodi motornya segera tegak. Itu juga jalur sendiri, karena  Marquez tak perlu menidurkan motor sampai berakhirnya jalur menikung keluar. Motor sudah siap digas besar, lantaran posisinya tegak.

Setelah puas memuji lawan, Rossi pun seperti biasa mulai banyak bercanda. Itu pertanda suasana hatinya lagi oke. Salah satu banyolan Rossi adalah cerita GP Belanda berlangsung pada Sabtu, bukan Minggu seperti lainnya. “Karena ada gereja di dekat sirkuit. Pendetanya nggak mau berisik saat ibadah pada Minggu,” kata Rossi.

Lalu, mengapa WSBK seri Belanda lalu digelar pada Minggu (27/4) di Assen? “Sebab, pendetanya lebih suka Superbike daripada MotoGP,” celetuk VR46 sembari cengengesan. Biasanya jika The Doctor banyak canda seperti itu berarti tak ada masalah, ketimbang stress mikirin grid 12. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang Race): Marquez Ogah Ambil Risiko, Pedrosa Siap Tempur

MotoGP Assen Belanda (Jelang Race): Berat Buat Aleix Bertarung Di Depan

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang Race): Rossi dan Lorenzo Tetap Optimis, Walau Tercecer

MotoGP 2014 Assen Belanda Q2; Gerimis, Aleix Tercepat Kualifikasi, Rossi 12

BAGIKAN