nhk

MotoGP 2014: Betul Kata Rossi, Bila Ducati Main Open Class

 

ManiakMotor – Sehari setelah Andrea Dovisiozo ‘bocorkan’ rencana timnya, Ducati pun mengeluarkan statement resmi. Mereka benarkan ada hitung-hitungan teknis untuk kompetisi musim ini. 

Seperti berita yang juga diturunkan portal ini kemarin, fans Ducati di seantero Italia memang tengah gempar. Tim pabrikan yang jadi representasi teknologi motor khususnya Italia dan umumnya Eropa di kancah MotoGP itu, kemungkinan akan menarik diri dari status tim pabrikan. “Bukan begitu bunyinya, tetapi akan menghitung ulang soal teknis,” bantah Julian Thomas juru bicara Ducati.

Ya, kalau itu benar, sama saja lempar handuk melawan brand Jepang yang terang benderang adalah Honda dan Yamaha. Juga, kolo pun terjadi Ducati akan menurunkan seluruh pacuannya di kelas Open Class (OC) atau non pabrikan sesuai regulasi 2014, mungkin saja teknik pengembangan lebih bebas tanpa tekanan dari lawan. Maklum juga, di OC  ada pelonggaran soal jumlah bahan bakar, jumlah mesin dan tipe ban. Nah, lebih bebas risetnya.

Maksudnya, akan menguntungkan Ducati pelonggaran itu untuk riset jangka panjang soal teknis. Di OC, riset tidak diburu-buru seperti bersama pabrikan yang dari segi mental mekanik dan joki mereka ditekan-tekan musuh saat berkompetisi. Ducati boleh mengembangkan rangka  yang selama ini jadi biang kerok di OC. Bila sudah sip, tinggal daftar ulang ikut tim pabrikan. Toh, langkah itu juga ditempuh Suzuki 2015 dengan alasan untuk pengembangan. Lagian, itu hanya kira-kira portal ini.

“Tidak ada rencana lebih lanjut mengenai opsi OC. Semua pembalap Ducati hanya akan melakukan perbandingan GP13 dan GP14 saat tes Sepang pertama dari 4 sampai 6 Februari nanti. Sedang, pembalap OC tetap Yonny Hernandez,” tambah Julian di salah satu media berpengaruh di Italia. 

Memang pada musim 2013 tak sekalipun Ducati naik podium. Itu reputasi lebih parah dari era Valentino Rossi 2011-2012 yang sudah terbilang ancur mina. Rossi pernah mengoceh bahwa, DNA Desmosedici benar-benar sulit diset-up untuk balap sekelas MotoGP.  Yangt jelas, tifosi Ducati pasti tak bakal rela merek kebanggaannya turun kasta di MotoGP jadi tim ecek-ecek. Lalu, Cal Crutchlow yang keburu ke situ jadi gigit jari, hehe. Itu kalau jarinya masih ada yang digigit.  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Isu Ducati Turun Kasta, Main di Open Class, Bukan Pabrikan

MotoGP 2014: Sebanding Duel Menggaruk Tanah, Marquez vs Pol Espargaro

MotoGP 2014; Apa Kata Orang, Rossi Terus Latihan Refleks Di Garuk Tanah

MotoGP 2014: Tak Incar Marquez Musim Ini, Pol Tetap Pol-polan Dengan M1 Kw

MotoGP 2014: Cal Crutchlow Tahun Baru, Motor Baru, ‘Istri Baru’. Ia Menikah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN