nhk

MotoGP 2014: Brasil Terancam Out, Aragon Maju Sepekan

 

 

ManiakMotor – MotoGP-mania di Brasil gembira kala negeri sepakbola itu masuk kalender MotoGP 2014 setelah absen sejak 2004. Kini mereka waswas karena Valentino Rossi cs belum tentu menyambangi negeri itu pada September tahun depan.

Bukan karena Rossi, Marc Marquez dan sebagainya ogah main jauh ke Amerika Selatan, itu akibat ulah pemborong atau investor Brasil yang belum tentu bisa merampungkan sirkuit sesuai jadwal. Deadline yang dipatok Dorna Sports dan IRTA, pembangunan sirkuit Autodromo Internacional Nelson Piquet harus rampung dan sesuai homologasi FIM dalam beberapa bulan jelng balapan. GP Brasil sendiri dislot pada 28 Septemer 2014.

 Dorna dan IRTA memberi waktu sampai 23 Maret 2014 atau sebelum seri pembuka di GP Qatar. Jika saat itu belum ada progress positif dalam pebangunan sirkuit, maka GP Brasil dicoret dari musim 2014 namun tetap punya hak pada musim selanjutnya. Mengapa batas waktu pada Maret, karena jadi tidaknya Brasil sebagai penyelenggara sangat berpengaruh pada tim peserta MotoGP untuk rancangan persiapan semusim.

Khususnya soal pengalokasian jatah mesin yang tahun depan berkurang jadi lima saja per musim. Jika Brasilikut berarti ada 19 seri balap musim depan, dan kemungkinan jatah mesin pun bisa berubah kembali ke enam unit. “Semua ingin main ke sana. Tapi, itu sangat tergantung pada siapnya sirkuit. Dorna sudah sampaikan pada tim untuk mengantisipasi kemungkinan batalnya GP Brasil,” kata Direktur IRTA Mike Trimby.

Ia menambahkan jika benar-benar batal maka akan terjadi revisi jadwal 2014. GP Aragon yang tadinya dihelat pada 21 Septmber kemungkinan besar maju jadi 14 September. Nah, bagi sampeyan yang sudah berencana nonton langsung ke Brasil atau Aragon tahun depan, kini saatnya berpikir ulang. Mending uangnya dipakai keliling nonton serial Indoprix 2014, dijamin pulangnya masih ada sisa. Andro 

BACA JUGA

 

 

 

BAGIKAN