nhk

MotoGP 2014 Brno Ceko (Jelang Race): Hati-Hati Yamaha, Bisa Digulung Ducati, Mulai Konsisten

 

ManiakMotor – Du kali di front row berurutan bukan kebetulan, dua Ducati dan di dua sirkuit beda karakter pula. Tanda GP14 mulai konsisten soal laju. Cepat-cepatan seperti qualifying 2, Ducati sudah menemukannya di Indy lalu yang menyatakan pakai motor baru.  Di kualifikasi Sabtu 16 Agustus di Brno, Ceko, tinggal RC213V Marc Marquez yang tidak dilewati Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, duet Andrea penunggang Ducati.

Grid yang setahun ini sepertinya sulit ditembus duet Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Memang sih khusus Iannone tertolong slip streaming Marquez. Tapi namanya curi angin, juga butuh motor yang sanggup mengikuti RC213V. Untuk Dovi lewat usahanya dengan melaju sendiri. “Sangat bahagia. Lebih baik dari di Indy. Catatan waktu sangat baik, performa motor oke,kata Dovi yang hanya selisih 0.129 detik dari Marquez yang mencetak 1’55.585.

Di ilmu balap, bila kencangnya sudah ketemu seperti kualifikasi, selanjutnya kian sempit wilayah yang akan dikembangkan.  Maksudnya jelas fokus riset. Kan kencang sudah dapat. Tinggal konsistensi berlaga di lap yang banyak. Tentu saja itu bertalian dengan nyamannya pembalap mengarungi banyak lap. Termasuk di dalamnya daya tahan onderdil mesin melaju sampai finish.

Ilmu kira-kiranya dari Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna sebagai otak banternya Ducati 2014 tinggal fokus pada rangka dan suspensi agar tak menguras kompon ban saat race. Ia juga akan memeta mesin yang punya tenaga yang sama sepanjang balapan yang jadi urusan elektronik. Tidak seperti awal-awal entah memulai dari mana seperti dialami pasukan Valentino Rossi di Ducati.

Perkembangan Ducati ini bisa menggulung Yamaha. Di sisi lain, Rossi dan Lorenzo susah payah mengejar Honda, di saat sama Ducati mulai menempel. Seperti kata Dovi, untuk cepat-cepatan pada single lap ia bisa mengatasi. “Persoalannya ketika balap yang masih tertinggal seperti di Indy, ini yang sedang fokus dikerjakan agar kencang terus,” kata Dovi seperti mengingatkan pada musuh bahwa motornya sebentar lagi akan enak saat race.

Target Gigi sebenarnya lima tahun ke depan. Tapi belum setahun dia di Ducati sudah ada progres. Macam mana selanjutnya. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Semua Sesi & Kelas 15, 16, 17 Agustus 2014

MotoGP 2014 Ceko (Jelang Race): Karel (Anak Pengelola Sirkuit Brno), Penggembira Di Negeri Sendiri

MotoGP 2014 Brno Ceko (Jelang Race): Rossi Jatuh FP4 Salah Ban Depan, Tetap Semangat..!

MotoGP 2014 Brno Ceko (Q2): Marquez Tercepat Kualifikasi, Rossi Lecet Tangannya

 

BAGIKAN