nhk

MotoGP 2014 Brno Ceko (Jelang Race): Rossi, Lorenzo, Dan Pedrosa, Harus Pakai Taktik Ducati?

ManiakMotor – Dua kali beruntun, di Indianapolis dan Brno, joki Ducati terapkan taktik sama di sesi Q2. Yakni menempel Marc Marquez agar ditarik lebih kencang lagi.

Praktek slipstream memang dikenal. Ini gaya mengikuti atau berlindung pada pembalap tercepat agar tertarik ikut kencang. Bukan hanya terhindar dari terpaan angin, juga bisa ikut jalur balap tercepat dari lawan. Pada saat tertentu punya keuntungan menyalip lawan karena laju motor yang di belakang lebih ringan.

Diperlihatkan Andrea Iannone (Pramac Ducati) kala ‘digandeng’ Marc Marquez di sesi Q2 GP Brno. Iannone terus dan terus-terusan menempel ekor RC213V si Marquez dan baru coba menyalip di tikungan terakhir. Sukses karena ia sempat tercepat sementara. “Saya tahu ia di belakangku. Tak ada cara lain kecuali betot gas lebih kencang. Sial, di tikungan terakhir aku melebar dan mendengar suara motornya ke depan,” cerita Marquez.

Marquez sempat kesal dan berpikir Iannone sudah meraih pole position. “Karena itu aku lakoni satu lap lagi. Saya tahu ia lebih cepat karena tak lagi dengar suara motornya.  Tapi, tak apa karena hal seperti itu normal terjadi, terlebih di Moto2,” kata Marquez yang kemudian jadi pole sitter.

Itu kali kedua joki Ducati menerapkan taktik serupa. Sebelumnya Andrea Dovisiozo di GP Indianapolis dan sukses menempati grid ke-2. Marquez akui hal itu tak masalah baginya karena Ducati bukanlah lawan utamanya di kelas primer. Ia oke-oke saja jika duo Andrea terbantu oleh kecepatannya. “Lain soal jika Rossi, Jorge atau Dani yang lakukan itu. Pasti selongsong gas langsung aku tutup dan minggir,” cetusnya.

Ah, pastinya juga malu kalau sekelas Rossi, Lorenzo, dan Pedrosa gunakan taktik macam itu? Beda saat balapan, wajar-wajr saja kan. Nah pakailah taktik itu. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Semua Sesi & Kelas 15, 16, 17 Agustus 2014

MotoGP 2014 Brno (Jelang Race): Marquez Bosan Balap Sendirian, Minta Lawan Berjuang

MotoGP 2014 Brno Ceko (Jelang Race): Hati-Hati Yamaha, Bisa Digulung Ducati, Mulai Konsisten

MotoGP 2014 Ceko (Jelang Race): Karel (Anak Pengelola Sirkuit Brno), Penggembira Di Negeri Sendiri

 

BAGIKAN