nhk

MotoGP 2014 Brno Ceko (Jelang): Rossi Curiga, Ada Yang Aneh Pada RC213V Marquez

 

ManiakMotor – Dipukuli Marc Marquez sepanjang musim ini membuat Valentino Rossi harus belajar ulang. Hasilnya, ia temukan ‘sesuatu’ yang beda pada  RC213V milik Marquez. The Doctor tak sekadar main tuduh, apalagi fitnah.

Rossi punya analisa dan data masuk akal. Ia dan Jorge Lorenzo sudah jatuh bangun membangun Yamaha M1 musim ini dengan berbagai ilmu matematika mesin, rangka, suspensi dan elektronik dari satu seri ke seri lainnya. Beberapa kesempatan Rossi bisa mengalahkan Dani Pedrosa yang juga naik RC213V.

Begitu side by side RC213V mainan Marquez, Rossi dan JL seperti pemain amatiran. Khususnya di belokan, entah itu saat masuk, saat di dalam dan maupun keluar tikungan, semua kalah. Bahkan sama-sama melakukan  late braking, M1 keteteran. Keluar tikungan untuk akselerasi M1 pun sudah dilengkapi SSG (seamless shift gearbox), tetap sulit mengejar.

Sepertinya, kata Rossi, Honda sudah temukan sesuatu pada area elektronik yang geometrinya pas dengan sasis RC213V. Hasilnya  MM bisa sejumawa sekarang. Ia tak ingin ceroboh dengan menduga-duga bentuk ‘sesuatu’ itu, apalagi  menyebutnya legal atau tidak. Dugaan Rossi itu bukan sesuatu yang aneh di MotoGP yang rivalitas dan teknologinya amat tinggi.

Tapi, dari kacamata lain, terbilang aneh karena faktanya RC213V milik Pedrosa tak sesangar punya MM. Apa iya itu semata-mata karena skill joki? Bisa benar dari joki, karena set-up motor bisa ketemu enaknya berkat digeber di atas limit oleh pembalapnya. Kinerja-kinerja onderdil penentu bisa disetel pada limitnya juga seperti motor MM.

Rossi tetap saja curiga, sebab hanya Marquez yang tak pernah masalah dengan ban Bridgestone versi baru. “Ada sesuatu pada elektronik dan juga pada sasis mereka. Pada akhirnya memang Marc bisa membawa teknologi itu dengan sangat baik. Tak ada kata lain kecuali harus terus berupaya meningkatkan diri,” papar Rossi yang memang selama ini dikenal sportif.

Belum ada tanggapan dari kubu Honda seputar dugaan The Doctor. Bisa jadi mereka merasa tak penting menanggapinya, hehehe! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Semua Sesi & Kelas 15, 16, 17 Agustus 2014

MotoGP 2014 Brno Ceko (FP1): Marquez Lagi Tercepat Latihan Bebas Pertama, Disusul Lorenzo

MotoGP 2014 Brno Ceko (Jelang): 5% Kemungkinan Marquez Ikut Moto2

MotoGP 2014 Brno Ceko: Rossi Banyak Kenangan, Marquez Asyik-Asyik Aja

MotoGP 2014: Hanya Tunggu Marquez Kehabisan Bensin Saat Lomba Di Brno

MotoGP 2014: Rossi Nafsu Dengan Memeta Ulang Sudut-Sudut Brno

 

BAGIKAN