nhk

MotoGP 2014 Brno Ceko (Pasca Race): Aneh, Marquez Malah Lega Setelah Kalah

 

ManiakMotor – Kedengarannya memang aneh Bro, kalah kok malah lega! Tapi, itulah Marquez. Dalam usia 21 tahun, rupanya masih terlalu muda untuk menanggung misi yang begitu besar: 18 kemenangan.

Rekor 10 kali juara aja sudah luar biasa kok, menyamai rekor Giacomo Agostini yang bertahan 44 tahun.  Tapi gagal dilewati di sirkuit Brno, Ceko 17 Agustus 2014.  “Saya justru lega karena kini tak lagi terbebani omongan orang agar memenangi seluruh balapan. Kini saya bisa fokus untuk berpikir untuk gelar dunia saja,” kata Marquez. 

Di awal-awal lomba di Brno, Marquz pepet-petetan ‘sadis’ dengan Andrea Iannone yang bawa Ducati. Habis itu kecepatannya menurun dari catatan waktu setiap 1 menit 56.4 atau koma 3 detik, berubah menjadi 1 menit 56.6 detik bahkan kan sampai 1 menit 56.8 detik. Bandingkan dengan Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo yang konsisten di 1 menit 56.2 detik.

Tapi Marquez sudah nrimo dan malah mendapat hikmah tersendiri. Ada beban yang kini lepas dari bahu dan pikirannya. “Tak perlu kecewa. Beberapa kali saya katakan tak mungkin bisa menang terus-menerus. Akan ada saat kalah dan kinilah saatnya,” ujar MM dengan roman muka yang pastinya mulai cerah karena sudah legowo dengan kekalahannya.

Usai kalah di Brno dan gagal bikin rekor 11 kemenangan beruntun, Marquez langsung rapat dengan kepala mekanik Santi Hernandez. Segera evaluasi semuanya. Berkumpul insinyur yang urus mesin, sasis, elektronik, suspensi, dan rem. Lengkap dengan laptop masing-masing. Kesimpulan dari kumpul-kumpul itu tak ada masalah teknis dalam RC213V besutan Marquez.

Setingan motor juga oke seperti analisa Hernandez yang sudah mendampingi Marquez sejak Moto2. Dan, Marquez pun ambil kesimpulan sendiri kalau kekalahan itu adalah faktor dirinya sendiri. Feeling-nya tak sebaik balap-balap sebelumnya.  Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Semua Sesi & Kelas 15, 16, 17 Agustus 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Brno Ceko (Pasca Race): Kalahkan Marquez, Rossi-Lorenzo Senyum Lebar, Test M1 2015

MotoGP 2014 Brno Ceko (Pasca Race): Skenarionya Pedrosa Ke Depan

MotoGP 2014 Brno Ceko (Race): Tidak Ada Yang Salah, Marquez Memang Waktunya Kalah

MotoGP 2014 Brno Ceko (Race): Akhirnya Marquez Kalah, Nggak Podium, Pedrosa Juara

 

BAGIKAN