nhk

MotoGP 2014 Brno (Jelang Race): Dovizioso Melawan Pakai ‘Bambu Runcing’

 

 

ManiakMotor – Kembali Ducati jadi buah bibir, banyak diomongin. Terlebih di Italia, sarang Ducati dan Andrea Dovisiozo. Mantap di kualifikasi, masihkah loyo di balapan Minggu 17 Agustus di sirkuit Brno, Ceko?

Seminggu ini  Dovi bikin dua kali kejutan. Start front row di GP Indianapolis dan di Brno. Hebatnya di Brno, ia tak lagi numpang slipstream di belakang Marc Marquez. Betul-betul kerja keras sendiri dengan peluru terbatas dibandingkan pabrikan Honda dan Yamaha. Ibarat pejuang Indonesia pakai bambu runcing lawan meriam Belanda di zaman perebutan kemerdekaan dulu. Kan lagi HUT-RI, itu kudu diingat-ingat ya?

Karena ‘peluru’ berbeda itu bikin Dovi gagal ke podium Indy. Sebagai kontestan Open Class, Desmosedici GP14-nya tak boleh pakai ban belakang berkompon keras (hard tyre). Beda dengan pabrikan. Hal sama akan terjadi di Brno hari ini. Pertanyaan menggelitik pun terlontar. Andai Dovi pakai hard tyre, sudah bisakah bersaing di papan atas? “Wah, saya ndak tahu karena nggak boleh coba ban itu. Tapi, tipe medium pun sepertinya bisa diandalkan di Brno karena tikungannya tak sekejam Indy,” tukas rider yang selalu tampil kalem itu.

Meski bisa menempel Marquez di sesi Q2, Dovi tetap berpikir realistis untuk menyongsong lomba. Bukan karena ban, kolo ban mah, malah Open Class diberi kelonggaran dengan ban yang lebih lunak, tapi punya daya tahan oke. Hitungannya, mesin Open Class tidak sekejam mesin pabrikan. Macam itu panitia mengeluarkan aturan, supaya seimbang.

Tapi kembali lagi pada motor yang punya daya tahan dan tak merepotkan jokinya sepanjang balapan. Itu persoalan Ducati sepanjang tahun. Motornya bikin capek joki, nggak konsisten setiap lapnya. Tapi sekarang katanya mulai ketemu. “Target di balapan adalah berjuang lebih dekat lagi dengan pembalap tercepat. Di Indy finish dengan selisih 20 detik. Jika bisa lebih dekat di Brno, itu merupakan kemajuan tersendiri,” ujar Dovi yang pakai motor yang sebagiannya merupakan rancangan Luigi Dall’Igna untuk spek 2015.

Masih pakai bambu runcing dong. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Semua Sesi & Kelas 15, 16, 17 Agustus 2014

MotoGP 2014 Brno Ceko: Lorenzo Sangat Cepat Di Warm Up

MotoGP 2014 Brno Ceko (Jelang Race): Rossi, Lorenzo, Dan Pedrosa, Harus Pakai Taktik Ducati?

 

 

 

 

BAGIKAN