nhk

MotoGP 2014 Catalunya (Jelang FP): M1 Rossi Disetel Kencang Sejak Kualifikasi (Q2)

 

ManiakMotor – Dua sesi Free Practice (FP) Jumat (13/6) ini jadi awal penting Valentino Rossi dalam rangka beri perlawanan di kandang rider Spanyol. Orientasinya adalah setingan motor khusus untuk kualifikasi pada Sabtu. Maunya sih start dari front row.

The Doctor kini meyakini starting grid penting baginya untuk bertarung di baris depan, terlebih  mencoba jadi juara. Itu ia pelajari usai evaluasi hasil Mugello. Katanya, saat itu ia posisi start tak menguntungkan padahal pacuannya enak di berbagai sudut sirkuit.

Saat ia berhasil lewati beberapa pembalap lain, posisinya menjauh dari Marc Marquez dan Jorge Lorenzo yang sedang tarung alot di depan. “Saya sudah tertinggal sedetik dan tak bisa dapatkan slipstream. Karena itu Q2 di sini akan sangat penting dan saya harus persiapkan pacuan sejak sesi awal,” kata The Doctor dalam jumpa pers wajib jelang balapan di Barcelona, Spanyol (12/6).

Slipstream atu curi angin dari motor terdepan memang menguntungkan. Selain menarik kecepatan yang melakukan curi angin, ban lebih dingin, dan mesin tak lelah untuk membelah angin. Kecepatan juga bertambah, lantaran setiap sektor sirkuit terjadi kombinasi kelebihan pembalap yang sedang saling berlindung (slipstream). Kira-kira begitu deh.  

Maka itu yang akan dilakukan Rossi nanti di Catalunya. Caranya, di Q2 harus dapat posisi bagus di kualifikasi. Rossi sendiri yakin kualitas M1 cocok dengan karakter lintasan Catalunya. Tergambar dari sejarah yang statistik pemenangnya diborong joki Yamaha, Rossi 6 dan Lorenzo 2.  Tapi, statistik itu kini tak bisa sepenuhnya jadi pedoman sejak Marquez mengacak-acaknya dalam enam seri awal.

Hal sama berlaku pada cerita lama Rossi yang tak masalah start dari posisi berapa pun di masa mudanya. Kini ia harus ngotot di Q2 karena yakin itu cara terbaik memulai balapan. “Saya ingin menikmati pertempuran melawan Jorge dan Marc. Itu bisa terjadi jika dapat posisi start berdampingan dengan mereka,” tegas Rossi.

Laksanakan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Catalunya (Jelang FP): Marquez Menantang Rossi Dan Lorenzo

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Target 6 Besar, Aleix Bergerilya ke Tim Pabrikan

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Merasa Lebih Kuat, Lorenzo Bidik Kemenangan Perdana

MotoGP 2014 Jelang Catalunya: Tandang ke Kandang Musuh, Rossi Tetap Bergairah

 

 

 

BAGIKAN