nhk

MotoGP 2014 Catalunya Jelang FP3/Q2; Aleix Tercepat Hari Pertama, Kurang Kontrol Traksi

 

 

ManiakMotor – Dari akumulasi dua free practice, Jumat 13 Juni atau hari pertama di sirkuit Catalunya, Aleix Espargaro yang tercepat. Joki  NGM Forward Racing yang ngebut dengan Yamaha FTR di Open Class itu mencetak 1’41,672 di sesi FP1 waktu pagi di sana.

FP2 doski melorot jauh, nyaris 2 detik beda kecepatannya dengan FP1 membuatnya hanya ke-12. Alasannya sama dengan  semua kontestan, bahwa trek yang licin akibat sengatan matahari. “Kerja elektronik pada motor ngaco membaca putaran roda yang sering slip,” jelas Aleix pada suhu lintasan sampai menyentuh 55oC. 

Aleix telah mengeluarkan semua taktik mengendara di sirkuit dekat rumahnya itu, namun gagal. Artinya dia ngeper, ora wani untuk mendorong motornya lebih laju di Catalunya di FP2. Aleix hanya pasrah menjali FP2 sembari berkonsentrasi pada sesi selanjutnya untuk mengatasi setelan motor agar dapat grip di lintasan panas yang hasilnya licin.

Pada FP2 juga, mekanikanya telah melakukan utak-atik elektronik, terutama kontrol traksi agar setiap putaran roda yang dikirim mesin dapat traksi. Namanya juga kontrol traksi. “Elektronik sudah diatur berbeda-beda, namun tidak bisa memperbaiki waktu lap. Kontrol traksinya tidak membantu,” jelas Aleix yang akan terus mencari solusi lewat kinerja elektronik Yamaha-nya.

Walau begitu, Aleix tetap bangga yang terlaju di hari pertama, apalagi sebagai tuan rumah. Semoga saja modal tuan rumah membuatnya punya mental banyak membawa motor Open Class yang terkenal konsistensinya berkurang saat lomba yang banyak lap. Ito 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol , Semua Sesi&Kelas 13 , 14, 15 Juni 2014

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Jelang FP3/Q2): Pedrosa Jajal Cakram 340 mm

MotoGP 2014 Catalunya (Jelang FP3/Q2): Marquez Gagal Keluarkan Gaya Aslinya

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Jelang FP3/Q2): Problem Ban Rossi-Lorenzo Pada Lintasan Panas

MotoGP 2014 Catalunya, Spanyol (FP2): Smith Tercepat Latihan Bebas Dua

 

BAGIKAN