nhk

MotoGP 2014 Catalunya (Pasca Race): Patahkan Rekor Rossi, Hanya 1 Kurang dari Marquez

ManiakMotor – Mengalahkan Valentino Rossi di Catalunya, Spanyol, Ahad 15 Juni 2014, sekaligus sukses Marc Marquez mematahkan rekor penting The Doctor dalam sejarah. MM kini jadi pembalap paling muda yang bisa meraih 7 kemenangan beruntun.

Ia torehkan itu pada umur 21 tahun lebih 118 hari. Rekor sebelumnya dipegang Valentino Rossi pada umur 23 tahun 115 hari.  MM juga jadi pembalap pertama yang bisa menang tujuh kali beruntun di awal musim. Rekor sebelumnya (tahun lalu) jadi pembalap termuda pemegang gelar dunia. Dengan usia sebelia itu, pastinya bakal panjang usia rekor-rekor itu sembari si Marquez bersiap diri mematahkan rekor-rekor selanjutnya.

Hanya satu yang kurang dari MM di Catalunya. Ia gagal meraih pole position karena jatuh di sesi Q2. Dengan begitu ia gagal menghapus mitos yang berlaku di Catalunya yang seolah mengharamkan pembalap mengawinkan pole dan kemenangan. Di kancah MotoGP hanya dua pembalap, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, yang bisa menyandingkan pole dengan juara di Catalunya. Masing-masing musim 2006 dan 2010.

Ironisnya, ‘perkawinan’ itu justru sukses diraih sang adik, Alex Marquez, di kelas Moto3. “Apapun ceritanya, ini juara istimewa. Diraih dengan perjuangan berat melawan Vale dan Dani, pada sirkuit yang selama ini menyulitkan. Di sini pula saya jatuh pertamakalinya musim ini, gagal meraih pole, dan sepanjang balapan harus mengeluarkan semua yang bisa dilakukan. Sungguh luar biasa, apalagi adikku juga menang pada hari yang sama. Ini pertama bagi kami,” cerocos MM dengan girang dan merayakan juaranya di pinggir lintasan dengan menendang bola, itu sama dengan memberi semangat pemain Spanyol di Piala Dunia Bola, kalah dari Belanda 5-1 di babak penyisihan di Brasil.

Seperti duel dengan Jorge Lorenzo di Mugello, MM bilang duel segitiganya dengan Rossi dan Pedrosa memang mendebarkan dan ia merasakan betapa bergairahnya penonton menyaksikan laga tersebut. “Beberapa lap terakhir sangat menghibur. Bangga mengalami duel seperti ini dengan mereka,” tandas MM yang kini mengoleksi 175 poin di klasemen kejuaraan dunia dan semakin jauh meninggalkan lawan. Rossi urutan kedua ia tinggalkan dengan selisih 58.

Pada seri lanjutan di GP Belanda, Assen, Sabtu (28/6), Marquez tentunya ingin tetap laju terdepan. Tak ada kaitannya dengan kekalahan Spanyol dari Belanda di ajang Piala Dunia, tapi kemenangan di Belanda dalam rangka MM memasuki rekor-rekor berikutnya. Begitu masbro! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol , Semua Sesi&Kelas 13 , 14, 15 Juni 2014

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Pasca Race): Rossi Layak Dapat Bintang, Tunggu di Assen

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Race); Teknik Marquez Sudah Komplet. Ogah Diledek Adiknya

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Race); Marquez Juaranya Lewat Duel Pedrosa-Rossi

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Warm Up); Pedrosa Tercepat Pemanasan

BAGIKAN