nhk

MotoGP 2014 Catalunya (Race): Pangkas Tenaga M1, Lorenzo Malah Makin Payah

 

ManiakMotor – Sejak awal musim Jorge Lorenzo sudah keluhkan spesifikasi ban baru untuk 2014. Di Catalunya, ia dan timnya pun bereksperimen dengan memangkas power M1. Tujuannya tenaga ke roda akan sinkron dengan grip ban. Pemikiran sebelumnya, tenaga sering terbuang. Eh, ternyata bukan solusi yang tepat.

Sebaliknya dengan M1 milik Valentino Rossi yang juga dimodifikasi untuk balapan dan sukses podium. Mungkin, mungkin nih, karena sukses maka bagian yang dimodifikasi itu tak dijabarkan secara gamblang. Jadi rahasia tim. Beda dengan JL yang terang benderang bilang memangkas tenaga motornya agar tak banyak spin yang bikin liar dibetot usai tikungan.

Awalnya, JL merasa aspal Catalunya tak seapik Mugello. Di beberapa lokasi pun sedikit bergelombang. Itu terasa karena ban belakangnya cap geol-geol dan seperti ketendang-tendang kala membuka gas sepenuhnya sekeluar tikungan. “Sejak awal laju motor tak stabil. Sedikit demi sedikit kami kurangi power-nya. Faktanya itu bukan solusi terbaik saat balapan. Kecepatan motor justru lemah pada gigi 4, 5 dan 6,” cerita Jolor.

Jl bukan ngeles Brosit! Dari analisa data terlihat kalau doski memang keteteran di area yang butuh power, misalnya trek lrus. Top speed-nya cuma 338,9 km/jam. Bandingkan dengan laju The Doctor yang mencapai top speed 339,6. Pada dua tikungan terakhir di mana bertahun-tahun jadi letak keunggulan Yamaha, kali ini pun tak bisa dimaksimalkan Lorenzo. “Di satu sisi system pengereman sudah bagus, jauh lebih bagus dari musim lalu. Kini saya butuh akselerasi,” pintanya, jelas tertuju pada tim.

Dan, hari ini Senin (16/6), semua data pacuan Lorenzo dibongkar dan dianalisa untuk poengembangan ke seri berikutnya. Tes hari ini difokuskan untuk mencari solusinya seperti dijanjikan Pakbos Movistar Yamaha Massimo Meregalli. “Kami tinggal di Catalunya untuk tes IRTA. Selanjutnya tes pribadi di Aragon memaksimalkan persiapan ke Assen. Harus ditemukan yang salah pada motor Jorge sekaligus membenahinya,” kata Meregalli.

Jangan kelamaan bos, grandprix sedikit lagi sudah separuh jalan. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol , Semua Sesi&Kelas 13 , 14, 15 Juni 2014

MotoGP 2014 Catalunya (Race): Saatnya Pedrosa Berbangga, Peluang di Honda Masih Tanda Tanya

MotoGP 2014 Catalunya (Pasca Race): Patahkan Rekor Rossi, Hanya 1 Kurang dari Marquez

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Pasca Race): Rossi Layak Dapat Bintang, Tunggu di Assen

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Race); Teknik Marquez Sudah Komplet. Ogah Diledek Adiknya

 

BAGIKAN