nhk

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Jelang FP3/Q2): Problem Ban Rossi-Lorenzo Pada Lintasan Panas

ManiakMotor – Catalunya memang masih milik Yamaha. Tapi, sementara ini bukan tim pabrikan yang digawangi Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Ternyata problem keduanya sama pada Yamaha M1 saat tampil dua free practice Jumat 13 Juni 2014 di sirkuit Catalunya, Spanyol.

Seperti dibilang kemarin, ada perbedaan laju antara FP1 dan FP2. Itu akibat cuaca yang menyengat di sirkuit di tepian pantai Mediterania itu. Suhu lintasan di FP1 yang masih jam 10.00 di sana suhu trek sudah  mencapai 44oC, dan siangnya makin puanasss dengan suhu trek 55oC.

Penyakit lama M1 pabrikan pun kambuh, yakni ‘pening’ saat kena panas. Grip ban pada roda Rossi maupun Lorenzo sering lepas dari aspal. Teori dan praktek sih, saat lintasan panas, pilihannya ban keras, karena komponnya akan tahan panas. Namun, semua tipe ban dari lunak, medium sampai keras dijajal tetap saja, Rossi dan JL ragu-ragu membentotnya. Hasilnya, JL urutan 5 kombinsi waktu FP1 dan 2 dan Rossi ke-7.

Ironisnya yang tercepat justru Yamaha lainnya, M1 kawe-kawean milik Aleix Espargaro di Open Class yang aslinya adalah M1 bekas. Posisi dua pun ditempati M1 Bradley Smith yang anak satelit Tech3. Kalah dari Aleix okelah karena doski diuntungkan ban khusus Open Class . Tapi, kalah telak dari Smith pastinya bikin kening seluruh awak Movistar Yamaha jadi berkerut. Tak ada kata lain kecuali kerja keras cari solusinya sepanjang sesi Sabtu (14/6).

“Saya tak senang dengan hasil ini. Sulit mengontrol laju motor, apalagi masuk tikungan. Temperatur terlalu tinggi, permukaan aspal pun ada yang tak rata. Kami harus bongkar data dan selanjutnya menentukan jenis ban dari semua yang tersedia. Kami harus susun strategi untuk kualifikasi,” cerocos The Doctor yang sedari awal memang ingin start front row di Catalunya.

Keluhan senada dilontarkan JL meski di pagi hari tak terlalu bermasalah. “Tapi, saat cuaca makin terik di FP2, saya susah dapat grip dan konsistensi ban. Kami masih harus mencari-cari komposisi ban terbaik untuk depan maupun belakang agar akselerasi makin bagus,” katanya.

Ya tentu saja bukan hanya ban yang disetting, tapi di sana berkaitan dengan suspensi gabungan sobreker dan lengan ayun untuk belakang. Sedang depan pada up side down Ohlins. Ilmu kira-kiranya begitu yang diutak-atik pada kesempatan FP3 dan 4 pada Sabtu ini untuk menuju Q2. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol , Semua Sesi&Kelas 13 , 14, 15 Juni 2014

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Jelang FP3/Q2): Pedrosa Jajal Cakram 340 mm

MotoGP 2014 Catalunya, Spanyol (FP2): Smith Tercepat Latihan Bebas Dua

MotoGP 2014 Catalunya: Marquez Main di Moto2 dan MotoGP Sekaligus

MotoGP 2014 Catalunya, Spanyol FP1; Aleix Tercepat Latihan Bebas Pertama, Disusul Lorenzo

MotoGP 2014 Catalunya (Jelang FP): M1 Rossi Disetel Kencang Sejak Kualifikasi (Q2)

 

 

BAGIKAN