nhk

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Pasca Race): Rossi Layak Dapat Bintang, Tunggu di Assen



ManiakMotor – Semua sudah tahu betapa hebatnya penampilan Valentino Rossi di GP Catalunya, Minggu (15/6). The Doctor merasa itulah penampilan terbaiknya musim ini. Kendati bisa dilewati Marquez dan disalip ulang Dani Pedrosa, lantan Pedrosa bikin kesalahan, jadilah Rossi ke-2.

The Doctor tak begitu yakin boleh  tarung di depan meski start dari grid lima. Di semua sesi awal ia tak sekencang tiga anak Spanyol yang tampil di depan publik sendiri. Untung datang hujan pagi membuat bumi Catanya lebih adem. “Cuaca sejuk membuat segalanya berbeda. Jika panas, tak bisa melakukannya. Kami memodifikasi ulang motor untuk race dan berhasil tambah kecepatan,” ujar Vale yang sempat kecelakaan saat sesi pemanasan.

Ia tegaskan perkembangan teknis M1-nya lebih apik dari hasil olah utak-atik dari mekanik dikomando Silvano Galbusera. Pak Galbu ini nyambung dengan yang dikehendaki The Doctor sesuai suhu dan susana sirkuit saat itu. Buktinya modifikasi kilat itu, meski tak dibuka detil komponen yang dikorek ulang. Paling tidak perubahan pada reduksi, suspensi dan elektronik untuk aspal yang lebih adem. Kira-kira begitu bro.

Lima podium dalam tujuh race awal, terbilang prestasi yang melebihi target awal. Penampilan di Catalunya pun melebih ekspetasi. Ia malah menggantikan posisi Jorge Lorenzo untuk duel segitiga dengan dua Spanyol. Dan dia hanya  nyaris mendapatkan juara di kandang para Matador. Memimpin balapan dari lap 3 hingga lap ke-19 dari 25 putaran, barulah ia dikroyok hebat dari prajurit Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa.  

Rossi tak sebut alasannya bisa dilampaui, apakah kondisi fisiknya karena diuber, dipepet, digencet dan saling diovertake sekaian lama. Dari analisis lap by lap kecepatan rata-rata M1 tak berubah hingga akhir balapan. Karena itu The Doctor tidak merasa kalah, meski faktanya hanya runner up. “Pada lap terakhir saya memberikan perlawanan semaksimal mungkin, tapi sulit mengejar Marquez. Ini balapan asyik, kami harus teruskan momen ini,” tandasnya.

Senin (16/6) semua tim lakukan tes khusus di Catalunya. Sekaligus persiapan ke GP Belanda, Assen, yang merupakan trek favorit The Doctor juga dan di sanalah ia raih satu-satunya gelar seri musim lalu. Mari menunggu babak lanjutan di Assen, barangkali di sanalah Rossi bisa menghadang laju lawan. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol , Semua Sesi&Kelas 13 , 14, 15 Juni 2014

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Race); Teknik Marquez Sudah Komplet. Ogah Diledek Adiknya

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Race); Marquez Juaranya Lewat Duel Pedrosa-Rossi

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Warm Up); Pedrosa Tercepat Pemanasan

MotoGP 2014 Catalunya (Jelang Race): Marquez Tetap Berpeluang Cetak Rekor, Waktunya Pas Debat Capres

 

 

BAGIKAN