nhk

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Race); Marquez Juaranya Lewat Duel Pedrosa-Rossi

ManiakMotor – Kecuali Dani Pedrosa yang bisa menguasai dua sesi sebelum race. Yakni Q2 dan warm-up di sirkuit Catalunya, Spanyol. Saat race Miinggui 15 Juni 2013 di awal start juga sudah ada kagetan dari dua Yamaha pabrikan yang di sesi-sesi sebelumnya tak pernah tercepat. Yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Bahkan keduanya sudah saling salip saat lomba baru berrlangsung 3 l;ap. Ya Rossi berhasil ke depan.

Itu sementara. Lha wong sembari lomba juga ikut ngetik. Yang jelas, di awal lomba terjadi duel segi empat antara Rossi, Marc Marquez, Lorenzo dan Dani Pedrosa. Juga sekadar diketahui, Marquez kurang suka desain Catalunya yang tikungannya panjang dan otomatis lama merebahkan motor. Itu katanya, katanya juga kurang enak untuk gelantungan. Juga sejarah Catalunya dalam 10 tahun terakhir adalah milik Yamaha.

Waaaw, ya nggak papa kok. Masih Rossi di depan sampai lap ke-7 yang dibanyangi Marquez. Tapi kamu lihat sendiri, Pedrosa juga agresif masuk tikungan dengan andalan cakram berdiameter 340 mm yang baru digunakan di Catalunya ini. Untuk sementara duel Pedrosa dan Marquez ini sikit menguntungkan Rossi. Hukum saling tekuk, waktu akan mengendur. Sedang yang di depan sendirian tak terganggu jalurnya. Kira-kira begitu, maka lap ke-9 ini Rossi bisa memplebar jarak 0.407 detik dari yang kedua.

Lap 12 malah terjadi segitiga antara Rossi, Marquez dan Pedrosa, si Lorenzo mulai ketinggalan. Italia, Spanyol, Spanyol..! Di lap ini juga Marquez nyaris sodok ban Rossi. Rossi yang punya pengalaman punya trik mengerem lebih keras, agar musuh di belakang kaget. Ya mungkin begitu. Faktanya Marquez kelabakan membuatnya out dan untung bukan gravel. Tapi itu bikin Rossi menambah jarak jadi 0.8 detik. 

Tapi sampai lap 16 ada perbedaan kecepatan. Rossi 1 menit 43 detik koma kecil dan Marquez terus menguntit 1 menit 42 detik koma besar. Marquez sembari menunggu celah dibuka Rossi. Tapi di saat sama hujan turun. Panik yang di sirkuit dan yang di paddock. Yang di paddock mempersiapkan motor. Di saat sama Lorenzo masuk ke rombongan depan. Tapi marshall belum mengibarkan bendera tanda hujan.  Ya gas terus… Nggak jadi hujan hanya gertakan.

Mantap ini lomba. Termasuk Pedrosa yang biasanya diam, kali ini bernafsu. Saking nafsunya di last lap duel keras dengan Marquez. Sayang roda depannya menyentuh roda belakang Marquez yang tinggal empat tikungan jelang finish. Pedrosa pun out. Digantikan Rossi yang sebenarnya sudah sulit masuk di duel Marquez vs Pedrosa di akhir-akhir lap. Sedang Lorenzo hanya jadi penonton, termasuk yang di paddock Yamaha pada diam. Karena embusan Marquez nggak suka di Catalunya, berbalik dengan omongannya, kembali dia ke-1 atau 7 kali juara mulu dalam tujuh ronde.

Namun ada kejadian aneh tuh, saat Marquez mengangkat tangan petanda hujan saat bersamaan ada bendera kuning. Bendera tersebut petanda tak boleh saling salip, tapi faktanya saat itu terjadi saling libas. Lalu ada juga tangan Rossi ke wajah Pedrosa entah meninju atau apa, belum tahu. Tunggu laporan lanjutannya. Dan jangan ke mana-mana, ada debat capres. Ito 

BACA JUGA

 Hasil MotoGP Catalunya, Spanyol , Semua Sesi&Kelas 13 , 14, 15 Juni 2014

MotoGP 2014 Catalunya Spanyol (Warm Up); Pedrosa Tercepat Pemanasan

MotoGP 2014 Catalunya (Jelang Race): Marquez Tetap Berpeluang Cetak Rekor, Waktunya Pas Debat Capres

MotoGP 2014 Catalunya (Jelang Race): Gagal Front Row, Rossi Masih Puyeng Soal Ban

Hasil MotoGP Spanyol Race

Po. Name TeamGap First

 

BAGIKAN