nhk

MotoGP 2014 Ceko (Jelang Race): Karel (Anak Pengelola Sirkuit Brno), Penggembira Di Negeri Sendiri

ManiakMotor – Di ajang olahraga, biasanya peserta tuan rumah diunggulkan. Maklum, semangat tinggi didukung penonton. Jago karena kenal karakter arena laga yang jadi kandang atau bahkan tempat berlatih saban hari sejak bocah.

Di arena balap motor prototipe, hal ini tidak berlaku. Apalagi di kelas utama, MotoGP, joki tuan rumah asal Ceko malah cuma jadi penggembira di sirkuit Autrodomo Brno. Nasib ini terjadi pada Karel Abraham. Joki yang kini menggenjot Honda dari tim Cardion AB Motoracing itu, lebih sering jadi penggembira di kandangnya.

Sepanjang 29 kali pentas di Brno. Hanya Lukas Pesek, joki tuan rumah yang pernah juara. Itu pun di kelas GP125. Prestasi terbaik Karel di Brno adalah finish ke-9 pada musim 2012. Padahal, dia anak dari pengelola sirkuit Brno, lho! Bertarti sejak bocah muter-muter di sirkuit itu.

Macam Ananda Mikola bila di Sentul. Bedanya Ananda juga nggak di balap mobil. “Bertarung di sirkuit negara sendiri memang punya keuntungan. Selalu bersemangat balapan di Brno. Untuk fans dan diriku sendiri,” ungkap joki kelahiran 2 Januari 1990 yang di kualifikasi atau qualifying 2 berada di grid ke-19.

Tapi, menilik prestasinya, Abraham memang tidak terlalu mengilap. Ia pertama balap di GP125 pada 2005. Pernah merasakan GP250 pada 2007. Era 4-Tak dicicipinya dengan geber Moto2 pada 2010. Setahun di kelas 600cc, Abraham ditarik Ducati ke MotoGP. Prestasi terbaiknya, justru saat di Moto2. Ia sekali menang di Valencia dan finish ketiga.

Untuk seri kali ini, rasanya, nasib Abraham masih tetap akan jadi ‘cheerleader’ alias penggembira. Apalagi, doi masih bertarung di kelas Open Class dengan Honda RCV1000R. AwAs

BACA JUGA

Hasil MotoGP Brno, Ceko, Semua Sesi & Kelas 15, 16, 17 Agustus 2014

MotoGP 2014 Brno Ceko (Jelang Race): Rossi Jatuh FP4 Salah Ban Depan, Tetap Semangat..!

MotoGP 2014 Brno Ceko (Q2): Marquez Tercepat Kualifikasi, Rossi Lecet Tangannya

MotoGP 2014 Brno Ceko (FP4); Rossi/Bautista Hampir Berkelahi, Rossi Tercepat Latihan Bebas ke-4

BAGIKAN