nhk

MotoGP 2014: Crutchlow Bisa-lah Melawan, ‘Spek-nya’ Pas Untuk Ducati

 

ManiakMotor – Cal Crutchlow sering geser roda belakang ketika masuk tikungan. Keluar tikungan membuka gas kaget. Motor memang cendrung cepat mengarah ke tikungan yang ia mau.  Kira-kira itu juga obat untuk mempercepat belok Ducati Desmosedi yang selama ini jadi kelamahan Desmosedici.

Singkatnya pembalap Inggris itu agresif. Gaya itu memang harus punya nyali tebal, tapi juga harus bersamaan dengan kebiasaan. Itu yang bikin Ducati memilihnya. Tentu tak bisa dilihat di testing pertama MotoGP untuk 2014 di Valencia lalu.  Cal baru pertama kali pegang Desmosedici di sana dan ia sebut tuh motor Mahluk Asing.

Herve Poncharal, yakin dengan itu. Beliau ini bukan pengamat, ia bos tim Monster Yamaha Tech3 yang karatan di ajang balap motor dunia. Doski juga yang membimbing Cal sehingga naik daun dalam dua tahun terakhir lewat tim satelit Yamaha itu.  “Mungkin bosan dengan dominasi pembalap Spanyol. Tahun depan pun mungkin begitu dan tak bisa dihindari. Tapi, Cal di atas Ducati akan jadi daya tarik tersendiri. Ia bergabung dengan Ducati pada saat yang tepat,” ujar Poncharal yang nggak mau bicara teknik soal tepatnya.

Boleh dianalisa dari gaya tadi. Apalagi Ducati tengah jor-joran untuk pengembangan pacuannya. Tim pabrikan Italia itu pun mendatangkan Luigi Dall’Igna sebagai komandan lapangan. Dia ini adalah kepala mekanik yang membawa sukses Aprilia di ajang WSBK maupun kelas CRT MotoGP 2013. “Saat ini Ducati hanya sedetik di bawah pesaing. Dengan pemilik baru, semangat baru dan orang-orang baru, selisih sedetik itu rasanya bisa mereka pertajam musim depan. Saya yakin Cal akan bawa perubahan,” tegas Luigi.

Memang mustahil menjagokan Cal untuk berebut gelar musim depan. Tapi, untuk posisi lima besar dan podium secuil, bisa saja. Ia akan jadi ‘perusuh’  karena ada sejumlah pembalap yang potensial dan rada imbang di sana. Selain Valentino Rossi, Stefan Bradl, dan Alvaro Bautista, kini datang Cal dan Andrea Dovizioso dengan kekuatan baru.

Belum lagi duet rider muda  Pol Espargaro dan Bradley Smith dari kubu Tech3 yang kabarnya akan dipasok M1 spek pabrikan. Kelompok ini lebih seru karena melibatkan pembalap empat negara yakni Italia, Spanyol, Inggris, dan Jerman. “Menurut saya kompetisi tahun depan bakal sengit. Tiga terdepan masih Lorenzo, Marquez dan Pedrosa. Jika tak ingin melihat mereka terdepan, satu-satunya cara mungkin memotong kaki atau tangan mereka,” papar Poncharal untuk menggambarkan dominasi trio Spanyol itu yang masih akan berlanjut.

Tak apalah mereka tarung alot di depan, asalkan kelompok di belakangnya juga alot seperti dikatakan Poncharal.  Andro

BACA JUGA

Motor Baru 2014; Yamaha R25 (R250); 2 Silinder Digeber Rossi, Sudah Ada Tuh!

Moto2 2014: Nomor Start 1 Kosong, Rafid Topan Lagi Cari ‘Amunisi’

Daftar Pembalap MotoGP 2014: Ogah Nomor 1, Marquez Tetap Bernomor 93

MotoGP 2013: Doohan Pasti, Lorenzo dan Marquez Tak Ada Kabar

MotoGP 2013: VR46 Meluncur di Almeira, Adik Rossi Tak Ikut

 

BAGIKAN