nhk

MotoGP 2014: Dagangkan #93, Marquez Ikuti Jejak Rossi Dengan VR46

 

ManiakMotor – Normalnya setiap pembalap inginkan nomor start 1 di pacuannya. Itu tandanya doski kampiun. Tapi, sekarang tak selalu begitu demi bisnis merchandise yang kian menggelinding di kancah MotoGP.

Itu pula yang dipilih Marc Marquez musim ini. Sebagai juara dunia bertahan ia ogah ambil hak memakai No.1. Doski tetap dengan 93. Itu nomor bersejarah dan favorit sebagai tahun kelahirannya. “Saya nyaman dan rasanya lebih pede dengan nomor 93,” alasan MM.

Tapi, percayalah, itu tak lepas dari pertimbangan dagang. Sebab, jika beralih ke nomor 1 maka bisnis merchandise seputar MM bisa terganggu karena komunitas 93 mulai melekat. Belum lagi soal teknis soal desain ulang dan sebagainya, bila tahun depan misalnya pindah lagi nomor 1-nya.

Jalan itu pula yang ditempuh Valentino Rossi yang bolak-balik jadi juara dunia, tapi tetap saja pakai 46 sebagai ciri khasnya. Dan, akhirnya, VR46 bahkan jadi perusahaan tersendiri. Kini 93 memang belum jadi perusahaan macam VR46. Tapi, brand 93 itu sudah identik dengan MM dan diperdagangkan dalam berbagai bentuk merchandises MotoGP.

Menyongsong musim balap 2014, misalnya, Shoei selaku sponsor MM sudah melempar tiga replica helm sang juara termuda sedunia itu. Dua di antaranya adalah model helm yang dipakai MM saat tarung di GP Catalunya dan Motegi 2013. Keduanya dibanderol USD 839,99. Satunya bercorak helm yang digunakan MM saat winter test 2012, dan dihargai USD 626,99.

Begitulah Brosist sebagian aliran dana yang bakal masuk ke rekening MM tanpa perlu dilacak KPK, hehehe. Yang jualan helm memang Shoei, tapi MM akan kecipratan hasilnya. Itu sah, bukan hasil korupsi, bukan pula bagian dari tindak pidana pencucian uang yang tengah ramai di negeri sampeyan. Halah! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Duel Lanjutan Sesama M1, Rossi vs Lorenzo

MotoGP 2014: Ultah Ke-21, Marquez Merasa Sulit Tinggalkan Honda

MotoGP 2014: HUT Ke-35 Rossi, The Doctor Tak Merasa Tua

MotoGP 2014: Marquez Bilang Lorenzo dan Pedrosa Bakal Lapar. Rossi?

 

 

 

BAGIKAN