nhk

MotoGP 2014: Digaji Rp 150 Miliar/Tahun, Marquez Pusing Diudek Pajak

ManiakMotor – Sebagai juara dunia kelas para raja, uang di sekitar Marc Marquez juga makin melimpah. Kabarnya tahun ini ia dibayar Repsol Honda 10 juta Euro per tahun. Jika dirupiahkan setara dengan Rp 150 miliar. Itu baru duit gaji tok. Belum lagi bonus, iklan, kontrak pribadi, dan uang tampil kala berpromosi. Termasuk uang dari Indonesia dengan logo ‘Satu Hatinya’.

Si Marquez yang baru 21 tahun ini sudah punya penghasilan melimpah. Wajar kalau doski mulai dipusingkan pajak yang kabarnya mencapai angka 49% di negerinya, Spanyol. Karena itu kini beredar kabar juga Marquez tengah menjajaki kemungkinan pindah domisili ke Andorra, negeri kecil yang terletak antara perbatasan Spanyol dengan Prancis.

Pada tahap awal ia hanya perlu bayar 80.000 Euro dan tinggal setidaknya 183 hari per tahun agar bisa dapat domisili permanen di Andorra. Setelah itu ia hanya dikenai pajak 10%. Soal pajak penghasilan yang tinggi ini memang bikin puyeng para pembalap Eropa sejak dulu. Banyak pembalap F1 yang berdomisili di Monaco dan Swiss dengan tujuan dapat pajak lebih murah. Para pembalap MotoGP pun melakukan hal yang sama. Dua bersaudara Aleix dan Pol Espargaro, misalnya, sudah lebih dulu memilih tinggal di Andorra. Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa memilih domisili di Swiss. Sejauh ini tak ada masalah dengan mereka.

Kasus terbesar soal pajak dialami Valentino Rossi pada 2007. Ia pilih tinggal di London yang ditengarai menghindari tingginya pajak di negerinya, Italia. The Doctor pun diinvestigasi pihak berwenang dengan tuduhan penggelapan pajak dari 2002 hingga 2004 sebesar 160 juta Euro karena banyak sumber penghasilan yang tidak dilaporkan. Kala itu ia bahkan terancam dipenjara. Akhirnya kasus ditutup setelah The Doctor bayar 35 juta Euro atau lebih dari setengah triliun rupiah. Wah,wah,wah…! Dibelikan bebek dan matik macam motor sampeyan, bisa dapat sekapal penuh tuh hehehe!

Nah, Marquez tentu nggak mau punya kasus macam Rossi sang idola. Kalau gaya Rossi banyak ia tiru, yang satu ini tentu kekecualian. Kita tunggu apakah Marquez susul duo Espargaro ke Andorra, atau tetap di negerinya dan mengikhlaskan hampir separoh penghasilannya untuk negara? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Siap-Siap 2015 Rossi Giat Dirt Track, Dovi Ke SIC Supermoto

MotoGP 2015: Rossi Jadi Contoh Untuk Lorenzo, Ingin Kalahkan Kombinasi Marquez – Honda

MotoGP 2015: Indonesia ‘Gila’, Pol Espargaro Sabar Menunggu Tahta!

MotoGP 2015: Setelah Pneumatic Valve, Aprilia Kini Serius Garap Teknologi SSG

BAGIKAN