nhk

MotoGP 2014: Dimulai Ducati, Regulasi Baru Simalakama Buat Dorna

 

ManiakMotor – Macam mana MotoGP2014 di tim pabrikannya hanya ada Honda dan Yamaha, tanpa Ducati? Apa pula rasanya jika di masa depan Honda tak lagi bermain di kelas para raja ini? Garing kaleee…

Itu yang kini dihitung-hitung tukang mikir Dorna Sports, promotor MotoGP. Tuh Ducati ada kecenderungan melepas status tim pabrikan musim ini dan beralih ke Open Class. Pertimbangannya lebih leluasa mengembangkan teknologinya meski di sisi lain juga bisa dirtikan sebagai kesempatan dalam kesempitan.

Ducati menghindari pertempuran head to head dengan Honda dan Yamaha. Daripada terus menerus digempur, digebuk, dilibas dan dikecundangi  dua pabrikan Jepang itu, lebih baik menjadi jagoan dan jadi raja kecil di Open Class. Toh di sana juga ada Honda RCV1000R dan FTR Yamaha. Kira-kira begitu kali ya?

Jika Ducati jadi mundur yang katanya akan ditentukan usai tes Sepang 4-6 Februari nanti,  jelas akan jadi pukulan buat Dorna dan MotoGP sendiri. Imejnya sebagai balapan paling prestisius sebumi layak dipertanyakan. Jika tak lagi mengadu pacuan-pacuan prototype, gengsinya dengan balapan lain macam WSBK sudah sulit dipilah-pilah karena justru adu teknologi itulah salah satu daya tarik balapan tingkat tinggi.

Buat tim pabrikan, inilah jalan terbaik untuk melakukan riset dan pengembangan teknologinya. Di sisi lain, memang benar, skill pembalap penentu untuk jadi kampiun. Itulah salah satu yang kini tengah digodok Dorna dan FIM. Apakah lebih banyak mudarat atau manfaatnya jika tetap menjalankan regulasi musim ini dan pada 2016 nanti menyeragamkan ECU di semua tim.

Honda telah beri ultimatum keras jika Dorna ngotot memberlakukan aturan itu? Bos HRC Shuhei Nakamoto mengancam mundur jika terjadi penyeragaman ECU pada 2016. “Saya nggak bercanda. Honda ada di balapan ini justru untuk kepentingan R&D,” tegas Nakamoto. Seharusnya pak bos itu sekalian bilang begini; ‘Balapan bukan foya-foya bro, tapi ada manfaatnya buat harian alias kepentingan umum untuk kenyamanan dan keamanan’.

Satu lagi brosist yang harus dipikirkan Dorna. Jika Ducati betul main di Open Class, bukan mustahil langkah serupa akan diambil Suzuki dan Aprilia yang tengah berancang-ancang jadi kontestan, lantaran ‘murah meriah’. Toh untuk jualan di segmen dunia, ketiganya bersaing dibanding Honda dan Yamaha. Ya sekalian saja bikin kompetisi sendiri, hehe.

Rencana Ducati ke Open Class memang baru wacana. Tapi, Dorna harus siapkan strategi lanjutan agar sirkus MotoGP tetap konsisten dengan yang ada sekarang. Carmelo Ezpeleta dan anak buahnya di Dorna pasti makin botak saja memikirkan semua itu. Kita tunggu apa yang akan mereka lakukan begitu Ducati bikin pengumuman resmi? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Terus Berbenah, Ducati Panggil Tardozzi

Jelang MotoGP 2014: Marquez Jatuh di Super Final Dirt Track, Tak Jumpa Pol

Jadwal Test MotoGP 2014: Di Qatar Tanpa Rossi Cs

MotoGP 2014: Betul Kata Rossi, Bila Ducati Main Open Class

 

 

 

BAGIKAN