nhk

MotoGP 2014 Dua Podium Ducati (Assen Ke-2), Gigi Yakin Desmosedici 2015 Menggigit

 

ManiakMotor – Baru enam bulan menukangi Ducati, sudah dua podium disambar. Itulah bukti nyata toko Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna yang awal musim lalu dibajak Ducati dari kubu Aprilia. Prestasi besar di tengah keringnya gelar pabrikan Italia itu dalam beberapa tahun terakhir.

Ducati sepeninggal Casey Stoner yang juara dunia 2007, tak lagi mumpuni kompresinya di medan sirkuit. Termasuk di era Valentino Rossi pada 2011-2012 yang juga menyerah walau berjuluk The Doctor. Gigi berani memindahkan Ducati ke Open Class musim ini. Tukang insinyur top Italia itu punya hitungan untuk langkah-langkah riset yang longgar. Hasilnya adalah dua podium milik Andrea Dovizioso di GP Austin dan Assen.

Itu baru sebagian dari hasil program jangka panjang pada oprekan Desmosedici.  Gigi pun makin  percaya diri dengan racikan komponen prototipe-nya. Data-data yang digalinya punya progres. “Luar bisa melihat Dovi bisa runner-up di Assen. Hasil ini menguatkan pengembangan dan bikin kami lebih yakin pada formula berikutnya,” ujar Gigi yang musim lalu mengotaki sukses Aleix Espargaro di CRT.

Edisi grandprix 2014 ini Desmosedici bukan sepenuhnya dibangun Gigi. Itu masih gado-gado. Karya utuhnya katanya akan mucul untuk musim 2015, tentu tengah dalam garapan dan baru akan diperkenalkan  akhir musim 2014. Seperti apa Desmo spek 2015? Ya gambarannya seharusnya lebih empuk, lebih nurut dan hasil akhirnya banter. Gigi yang bikin harusnya juga menggigit.

Dovi sendiri belum bisa merasakannya lantaran persoalan kontrak yang belum diteken untuk 2015. “Jika kontrak sudah diperpanjang, baru bisa diketahui seperti apa spesifikasinya sekaligus mengujinya,” kata Dovi yang memberi banyak masukan buat Gigi untuk membangun motor 2015.

Kontrak Dovi selesai akhir 2014. Saat ini sedang ada penjajakan antara kedua belah pihak. Dovi masih ingin di Ducati walau Suzuki gencar merayunya, tapi dengan catatan….. Begitu pula Ducati. Sekarang sudah podium, jelas harga kontrak naik untuk menjoki Desmosedici 2015? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Assen, Belanda, Semua Sesi & Kelas 26, 27, 28 Juni 2014

MotoGP 2014 Rossi Bela Lorenzo Soal Takut Jatuh Di Assen, Bantah Marquez Menang Taktik

MotoGP 2014 Assen Belanda (Pasca Race): Strategi Tim, Bikin Marquez-Pedrosa Podium

MotoGP 2014 Assen (Pasca Race); Cermat Kontrol Putaran Mesin, Dovizioso Kedua

 

BAGIKAN