nhk

MotoGP 2014: Ducati Luncurkan Desmosedici Versi Produksi

 

ManiakMotor – Untuk musim kompetisi 2014, tim pabrikan kaya raya macam Honda, Yamaha dan Ducati tak hanya sibuk siapkan pacuan prototype masing-masing. Tapi, juga tengah giat merampungkan pacuan versi produksi sesuai regulasi MotoGP 2014. Artinya lagi nanti Ducati ikut jualan untuk perorangan.

Penghapusan CRT, regulasi memang mewajibkan tim pabrikan memasarkan motor mereka yang disebut nonpabrikan. Ini motor boleh digunakan tim independen, tapi nggak boleh buat jalanan brosist. Istilah non-pabrik (perorangan), hanya untuk kalangan MotoGP, bukan untuk pasar umum.

Tentunya dengan spesifikasi teknis standar dalam tanda petik di MotoGP yang telah diatur. Honda telah meluncurkan RCV1000R dan musim depan akan dibesut Nicky Hayden dan Scott Redding. Pesaingnya, Yamaha, sudah menyiapkan paket M1 versi produksi dan tahun depan akan ditunggangi Colin Edwards dan Aleix Espargaro.

Ducati? Dibanding dua pabrikan lainnya, pabrikan Italia itu memang telat. Mungkin sibuk dengan versi pabrikannya yang belum mumpuni di medan laga MotoGP. Dengan istilah sementara Desmosedici Open Class, pacuan anyar itu akan melakoni debutnya di Sirkuit Jerez, Spanyol, 27-29 November. Pengujinya Yonny Hernandez, pemblap Kolombia yang menggantikan posisi Ben Spies di tim Pramac Ducati.

Rencana musim depan, Ducati akan meneruskan karir Hernandez di Pramac dan berduet dengan Andrea Iannone. Bedanya, Iannone berpacu dengan bekal motor spek 2014 pabrikan. Sama dengan tim utama yang digawangi duet ‘baru tapi lama’ Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow yang reuni di Ducati yang sebelunya sama-sama di Yamaha Tech3.

Hernandez sendiri ditugasi mengembangkan Desmosedici versi produksi, sekaligus menjalani riset berjalannya. Kalau RC1000R dan M1 versi produksi sudah ada yang pesan dan pakai di luar tim pabrikan, apa boleh buat untuk Desmosedici baru ini belum ada pesanan. Yang siap pun baru satu unit yang akan dijajal Hernandez.

Makum sajalah bos, bagaimana tim privateer mau pesan, lha versi pabrikannya masih seperti  sepanjang 2013? Kira-kira akan dipesan, bila Hernandez di akhir seri 2014 di atas Crutchlow dan Dovizioso. Siapa tahu?  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Kata Rossi, Metode Burgess Dan Galbusera Berbeda

MotoGP 2013; Pedrosa Curi Start 2014, Perbaiki Cidera Bekas Ditabrak Simoncelli

Moto2/3 Jerez (Tes): Jagoan Moto3 Jalani Debut di Moto2

MotoGP 2013: Pesta Besar di Cervera, Marquez Janji Tetap Cuci Piring

MotoGP 2013 Test Valencia: Kejutan Duo Tech3, Calon Lawan Marquez Berikutnya

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN