nhk

MotoGP 2014: Gara-Gara Lorenzo dan Pedrosa, Sebab Marquez Sering Jatuh Di Free Practice

 

ManiakMotor – Tak sampai 24 jam setelah dinobatkan sebagai juara dunia MotoGP termuda sepanjang sejarah, Marc Marquez langsung berikan wawancara khusus pada El Pais.com, media ngetop di negerinya, Spanyol.  Banyak yang diungkap MM dalam wawancara panjang itu, yang terlalu panjang untuk dimuat utuh di sini.

Ditanya ia merasa mirip dengan pembalap siapa, ditegaskan riding style ia punya sendiri. “Tapi, saat bertarung di lintasan, saya merasa lebih banyak mirip Casey (Stoner),” ujar MM yang fans berat Valentino Rossi.

Katanya, karakter Yamaha membuat The Doctor menampilkan gaya  berbeda. Ia juga bilang tak merencanakan menekuk Rossi di tikungan Corkscrew Laguna Seca yang kontroversial. Meski diakui, Kamis sebelum lomba ia mengamati khusus tikungan tersebut. Ia hanya ingin tahu karakter area yang bikin heboh Rossi versus Casey Stoner itu. “Saat itu saya berpikir tak bakal ada celah untuk menyalip di sono. Eh, saat latihan, motor saya justru melebar dan nyelonong di sana. Saya diingatkan untuk tidak ambil titik tersebut. Dan, saat balapan, kondisinya datang begitu saja.”

Jawaban MM ia acap jatuh kala single lap atau free practice, musim ini ada 14 kali terjengkang dan hanya Mugello  saat balapan. Karena ia selalu memacu sampai maksimaln. Patokannya catatan Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa sebagai pembalap tercepat MotoGP sejak musim lalu. “Saya terobsesi punya catatan di dekat mereka. Saat latihan  harus mencapai limit, namun  balapan harus bisa mengontrolnya. Itu  membuat saya banyak jatuh di latihan,” jelas Marquez.

Untuk melampaui DP dan JL, Maquez keliru dalam pengereman. Kadang terlalu dalam, kadang dini. “Tapi, begitu balapan, semuanya lebih baik. Saya punya metode untuk menentukan titik pengereman tertentu. Hal itu terus saya pelajari dan kembangkan sendiri sehingga bisa konstan dan lebih cepat di tikungan, dan pada saat yang sama juga sangat presisi,” paparnya.

Sayangnya, ia tak ungkap detil caranya menentukan hal itu. Pasti ilmu dan rahasia pribadi kali ya? Yang jelas setiap pembalap punya patokan khusus di area sirkuit yang telah dipilihnya saat latihan. Bisa saja garis kerb, bisa pula penuntun jarak yang tertulis sebelum masuk tikungan. Nah, kalau itu hanya MM yang tahu. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Test Valencia; Mereka Yang Ganti Kostum, Lorenzo Tercepat

MotoGP 2013; Galbusera Jadi Chief Mechanic/Mekanik Baru Rossi 2014

MotoGP 2013 Pesta di Feria de Valencia, Marquez Tampil Ala ‘Brondong’, Emas Buatnya

MotoGP 2013 Gairah Valentino Rossi Usai Valencia, Total 2014

MotoGP 2013 Valencia: Lorenzo Ikhlas, Marquez Juara Dunia Menari Poco-Poco

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353