nhk

MotoGP 2014: Honda ‘Kecolongan’, Yamaha Pakai M1 2013 di Open Class?

 

 

ManiakMotor – Mesin yang diusung Yamaha FTR di Open Class selama ini dikabarkan spek M1 2012. Tapi, Pakbos HRC Shuhei Nakamoto menduga mesin membawa  Aleix Espargaro pada tes Sepang lalu adalah spek M1 2013.

Tentu saja motornya  yang musim lalu digeber Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. “Saya tak tahu detil persisnya, tapi kelihatannya mesin Yamaha di Open Class sepertinya mesin pabrikan tahun lalu. Tapi, itu nggak masalah karena diperkenankan oleh regulasi,” ujar Nakamoto.

Tes Sepang  4 – 6 Februari, Aleix yang jadi joki tim NGM Forwardrs Racing dengan  Yamaha FTR sewaan. Motor ini telah disesuaikan dengan regulasi nonpabrikan 2014. Yakni pakai ECU standar buatan Magneti Marelli, bahan bakar 24 liter, ban belakang berkompon lebih lunak.

Seperti pacuan M1 asli, mesin sewaan ini juga mengusung sistem pneumatic valve. Yamaha Factory Racing (YFR) pun beri bantuan swingarm dan suspensi Ohlins pabrikan pada Forward. So, jadinya ya tak terlalu mengejutkan, Aleix bisa bersaing  sembari menggebuk peserta Open Classs lainnya, termasuk Nicky Hayden dan Scott Redding yang menggeber Honda RCV1000R yang jadi proyek HRC. Pabrikan dan satelit pun disikat.

Wawancaranya dengan crash.net, Nakamoto bilang filosofi Honda  memang berbeda dengan Yamaha di Open Class. HRC memproduksi mesin untuk dijual dengan berbagai keuntungan finansialnya. Pada tahun pertama, pembeli RCV1000R hanya membayar 1,2 juta Euro. Tahun kedua hanya menambah biaya pengembangan, status mesin tetap milik pembeli dan setelah itu bisa dijual kembali ke pihak ketiga.

“Untuk membuat paket seharga 1,2 juta Euro itu, Honda terpaksa menggunakan valve spring standar, transmisi standar, dan sedikit perubahan suspensi dari spek pabrikan. Tapi, sasis, swingarm dan bodywork seluruhnya sama dengan pabrik,” katanya.

Ia tambahkan, jika Honda pakai spek motor tahun lalu dengan penyesuaian regulasi Open Class maka mesin itu hanya bisa disewakan. Tak bisa dijual bebas karena menyangkut rahasia teknologi Honda. Nah, sebaliknya, langkah sewa-menyewa itulah yang diambil Yamaha. Jadi, bisa diduga kubu Honda memang kecolongan untuk memanfaatkan regulasi 2014.

Meski begitu Nakamoto tak putus asa soal RCV 1000R.  “Saat ini beda waktunya memang besar. Tapi, saya yakin akan semakin dekat dan bersaing jika joki-joki RCV1000R sudah makin memahami karakter mesinnya,” katanya.

Amin. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Survei Bilang Rossi The Doctor Belum Habis

MotoGP 2014: Sudah Lewati Lorenzo Di Test Sepang, Rossi Ingin ‘Pukul’ Marquez

MotoGP 2014; Redding Sependapat Hayden, RCV1000R Masih Kurang Tenaga Bawah

MotoGP 2014 Hasil Test Sepang: Ducati GP14 Sudah Gesit, Akselerasi Kuat, Ogah Ke Open Class

 

BAGIKAN