nhk

MotoGP 2014 Indianapolis Amerika: Sambut 2015, Peluru Kendali Buat Lorenzo

 

 

 

ManiakMotor – Konsep perang modern sepertinya belum ada yang lebih ampuh dari peluru kendali alias rudal. Ini juga yang akan diluncurkan Yamaha untuk mendorong Jorge Lorenzo berebut gelar juara dunia 2015. Sudah cerita tahun depan bro, walau masih seri 10 di sirkuit Indianapolis, Amerika untuk MotoGP 2014.

Peluru kendali versi MotoGP ya banyak. Laju motornya saja sudah seperti peluru. Setidaknya begitulah analogi boleh dipetik dari uraian panjang Lin Jarvis, bos Yamaha, kala komentari keterprukan Lorenzo musim ini, tapi sembari bilang potensi musim depan setelah perpanjangan kontrak hingga 2016.

Kekalahan JL pada 9 seri awal bukan faktor motor (khususnya regulasi baru ban dan pengurangan  BBM dari 21 menjadi 20 liter). Namun percaya diri si pembalap yang kurang pada pada motor. JL sendiri mengaku pede-nya melorot akibat akumulasi masalah. Misalnya cidera parah tahun lalu, persiapan fisik tak maksimal, juga ‘telmi’ alias terlambat mikir jurus beradaptasi dengan regulasi baru.

Bagi Jarvis, peran pembalap dominan. “Itu yang kendur dalam diri Jorge. Namun, ia tak pernah kehilangan talenta dan skill-nya. Untuk mengalahkan Marc Marquez, Anda harus selalu perfect sepanjang waktu. Perfect dalam mempersiapkan diri, memberi masukan untuk set-up , dan selalu yakin  mengalahkan lawan. Ia harus mengendalikan pikirannya,” papar Jarvis sekaligus memberi makna peluru kendali seperti judul di atas.

Jika JL mampu mengendalikan, maka itu akan jadi peluru kendali memasuki musim depan. Jadi peluru untuk membangun motor lebih kompetitif karena tim teknis berkerja dari masukannya. “Hal itu yang harus ditumbuhkan lagi pada Jorge. Diyakini ia masih punya punya sifat-sifat itu, jika tidak tentu ia sudah ajukan diri pensiun,” tambahnya.

Yamaha harus menyuplainya dengan motor petarung dalam arti secara teknis tak kalah dari lawan. Mau percaya diri macam mana lagi kalau kalah motor.  “Kami sedikit pun tak ragu Jorge akan jadi kontestan perburun gelar 2015 dan selanjutnya. Yamaha akan menyediakan semua yang ia butuhkan untuk mewujudkannya,” janji Jarvis.

 Tunggu saja masih lama,  yang terpenting di Indianapolis yang sudah di depan mata.  Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Indianapolis, Amerika, Semua Sesi & Kelas, 8, 9, 10 Agustus 2014

MotoGP 2014 Indianapolis Amerika FP1: Rossi Tercepat Latihan Bebas Pertama, Kencang Tuh

MotoGP 2014 Indianapolis Amerika: Kata Rossi Demi Balap Motor, Marquez Harus Dihentikan

MotoGP 2014 Jelang Indianapolis Amerika: Aleix Pasti ke Suzuki, Vinales Menyusul

 

 

 

 

BAGIKAN