nhk

MotoGP 2014: Ini Joki Andalan Dan Mesin Motor Suzuki 2015

 

 

ManiakMotor – Resmi sudah nama Aleix Espargaro dan Maverick Vinales sebagai joki andalan Suzuki ke musim 2015. Mereka berbekal Suzuki GSX-RR yang sudah didevelop sejak 2012. Tentu saja motor ini dibangun sesuai aturan teknik FIM di MotoGP.

Pabrikan Jepang itu dua tahun ini sibuk melakukan riset yang testernya Randy de Puniet yang sayangnya tak terpilih jadi permanen tahun depan. Test menggunakan Suzuki berlabel XRH-1 dan inilah yang jadi basis membangun GSX-RR 1000cc empat silinder sesuai regulasi MotoGP. Suzuki lebih memilih konsep mesin inline atau sejajar seperti Yamaha YZR-M1. Sedangkan Honda dan Ducati lebih suka konfigurasi mesin model V.

Bobot si GSX-RR 160 kg sesuai regulasi. Tapi, sosoknya lebih ramping dari versi XRH-1 yang selama ini dijak latihan. Memang sih tak disebut durasi kem, LSA, diameter bore dan langkah torak, hehe. Rahasia bro.  Yang pasti kapasitasnya jangan lewat 1000 cc. Sistem klepnya mengandalkan tekanan udara alias pneumatic valve. Wah itu sih, semua pada tahu.

Yang pasti juga, risetnya mengembangkan mesin sampai 230 ps. Lalu bisa dibawa jokinya yang disebut urusan geometri dari rangka terhadap mesin. “Karakter mesinnya fleksibel, efisien dalam penggunaan bahan bakar, serta punya daya tahan lama dalam pertarungan. Itu tujuan utama Suzuki membangun GSX-RR di MotoGP yang nantinya akan ditularkan pada motor serial produksi GSX-R yang beredar di pasar,” bunyi rilis Suzuki.

Rangkah pipih dapat bodi yang ramping, katanya, dimaksudkan agar GSX-RR bisa lebih lincah. Lha iyalah, karena semua sirkuit MotoGP punya tikungan.  Masuk musim 2015 Suzuki terdaftar sebagai tim Open Class seperti halnya Ducati. Berarti mereka punya jatah BBM 24 liter saat blapan, punya jatah 12 mesin per tahun, serta fasilitas ban slick lebih lunak di roda belakang. Baru pada musim 2016 tim ini setara dengan pabrikan lainnya dengan egulasi baru standar ECU yang diapungkan FIM dan Dorna.

Oh ya – jangan diulang-ulang oh ya diucap – Aleix diyakini sebagai pembalap yang bakal mampu mengembangkan Suzuki. Doski juara kelas CRT 2013 dan sepanjang musim 2014 menjadi joki Open Class paling cemerlang dengan besutan Forward Yamaha dan baru saja runner-up di GP Aragon. Sedangkan Vinales adalah juara Moto3 2013 dan musim ini main di kancah Moto2. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Aragon (Pasca Race): Serba Perdana di Podium, Aleix Unggul Taktik

MotoGP 2014 Jelang Motegi, Jepang: Rossi Tiang MotoGP, Begitu Kata Bos Dorna

MotoGP 2014 Aragon (Pasca Race): Rossi Ora Opopo, Siap Tempur Di Asia, Pertama Motegi

MotoGP 2014 Aragon (Pasca Race): Akhirnya Cructhlow Punya Kenangan Manis di Ducati

MotoGP 2014 Aragon (Pasca Race): Bertindak Bodoh, Marquez Kembali Petik Pelajaran Penting

SPESIFIKASI DASAR GZX-RR:

Overall length x width x height: 2,096mm x 720mm x 1,140mm.
Wheelbase: 1,457mm.
Body weight: 160kg (based on FIM regulation).
Engine type: Water-cooled, four-stroke in-line four-cylinder, DOHC four-valve.
Displacement: 1,000cm3.
Maximum output: Over 169kw (230PS).
Frame type: Twin-spar aluminum.
Tyres (front/rear): 16.5in/16.5in.
Front suspension: Ohlins, inverted fork.
Rear suspension: Ohlins.
Brakes (front/rear): Carbon disk/steel disk, Brembo.

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353