nhk

MotoGP 2014: Isu Ducati Turun Kasta, Main di Open Class, Bukan Pabrikan

 

 

ManiakMotor – Kabar mengejutkan dihembuskan Andrea Dovizioso dalam wawancaranya jelang musim 2014. Ada indikasi Ducati tak akan tarung sebagai tim pabrikan  musim 2014. Nah lho!

Hambatan teknis ditengari sebagai sebabnya. Menurut Dovi, saat tes Ducati Desmosedici tahun lalu tak ada perbedaan signifikan antara pacuan pabrikan maupun versi non-pabrikan yang dibesut Yonny Hernandez. Sama…

Open Class adalah kelas baru yang digulirkan mulai musim 2014 untuk menggantikan kelas CRT. Tadinya Ducati akan menerunkan trio Dovi, Cal Crutchlow, dan Andrea Iannone (Pramac) dengan pacuan pabrikan. Sementara Hernandez jadi joki Open Class.

Pacuan Open Class memang KW2-nya tim pabrikan seperti Honda dengan RCV1000R dan Yamaha dengan Yamaha-FTR-nya. Dibandingkan kelas pabrikn, motor versi ini punya kelebihan muatan bahan bakar, alokasi mesin yang lebih banyak,  karakter ban yang lebih empuk yang diharapkan bisa kompetitif.

Cuma, mereka wajib pakai ECU standar buatan Magneti Marelli yang tahun lalu ditolak mentah-mentah oleh Honda. Sebab, dalam ECU itulah inti performa motor diatur dan ditentukan. Di situ juga pabrikan melakukan riset dengan biaya tinggi.

Ini memang masih jadi wacana. Jika benar begitu maka musim 2014 hanya akan diikuti tim pabrikan Honda dan Yamaha.  “Belum final. Mungkin usai tes Sepang (4-6 Februari) baru diputuskan kami pakai versi yang mana,” cetus Dovi.

Walah, kasihan banget nasib Crutchlow kalau Ducati nantinya turun kasta jadi tim non-pabrikan. Pasalnya, pengantin baru itu sudah sedemikian lama menanti jadi pembalap pabrikan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Apa Kata Orang, Rossi Terus Latihan Refleks Di Garuk Tanah

MotoGP 2014: Tak Incar Marquez Musim Ini, Pol Tetap Pol-polan Dengan M1 Kw

MotoGP 2014: Cal Crutchlow Tahun Baru, Motor Baru, ‘Istri Baru’. Ia Menikah

MotoGP 2014: Schwantz Ngoceh Lagi, Unggulkan Lorenzo

MotoGP 2014: Musim Ke-20 Repsol Honda, Pembalap Bertalenta Juara Tahun Pertama, Pedrosa..?

 

 

 

 

 

BAGIKAN