nhk

MotoGP 2014 Jelang Argentina: Suzuki Incar Pembalap Top, Rossi Atau Crutchlow?


ManiakMotor – Usai Austin, rombongan Suzuki MotoGP langsung ke Argentina untuk tes lanjutan.Sepertinya mengikuti seri MotoGP. Pabrikan Jepang ini memang serius masuk kembali ke MotoGP 2015.  Test rider-nya Randy de Puniet dan Nobuatsu Aoki sih bilang performa pacuan berkembang. Elektroniknya sama baiknya dari ECU Mitsubishi yang selama ini digunakan dan Magneti Marelli standar Dorna. “Dari persiapan teknis banyak kemajuan, tinggal penyesuaian regulasi,” ujar Direktur Suzuki MotoGP Satoru Terada.

Sebagai tim ‘baru’, status Suzuki musim depan sama dengan Ducati saat ini. Registrasinya tim pabrikan tapi operasionalnya dapat fasilitas Open Class seperti pakai 12 mesin per musim. Dari catatan waktu tes Austin lalu, fastest lap De Puniet sudah terbilang oke.

Masalahnya kini soal siapa joki regularnya? De Puniet sepertinya sudah masuk, Aoki pembalap tua yang memang dipasang hanya untuk test. Satu lagi yang diincar dari kalangan papan atas. Itu tugas Davide Brivio untuk mencarinya.

Mantan bos Yamaha dan kawan akrab Valentino Rossi ini bertaindak selaku Manajer Tim Suzuki MotoGP. “Memaksimalkan pengembangan, kami butuh pembalap top dan berpengalaman. Empat pembalap top saat ini mungkin bertahan dengan timnya. Kami masih harus menunggu stituasinya,” katanya yang jelas maksudnya adalah Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Dari tiga nama itu yang acap disebut-sebut adalah Rossi mengingat kedekatan hubungan mereka. Tapi, itu tergantung kondisi Rossi yang ingin bertahan di Yamaha. Marquez nggak mungkin keluar dari Repsol Honda. Lorenzo dan Pedrosa masih mengambang untuk 2015. Jika empat nama itu lewat, siapa cadangannya? Brivio tak sebut nama. Tapi, dari gejala yang tercipta sejak tahun lalu, Cal Crutchlow adalah yang paling potensial.

Pendekatan pada Cal sudah berlangsung saat Suzuki ancang-ancang masuk kompetisi musim 2014. Betul, Crutchlow kemudian ke Ducati dengan ikatan kontrak 2014-2015. Tapi, ada klausul khusus yang bunyinya Crutchlow bisa keluar di akhir musim 2014 jika merasa performanya tak berkembang di Ducati.

Apakah klausul itu berkaitan dengan Suzuki atau tidak, nantilah akan terjawab! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Tes di Austin, Suzuki Kinclong Bisa Saingi Yamaha FTR

MotoGP 2014 Jelang Argentina: Ducati Siap Tempur, Kecuali Crutchlow

MotoGP 2014 Jelang Argentina: Pakbos Berkoar Lorenzo Masih Bermental Baja

MotoGP 2014 Jelang Argentina: Lorenzo-Rossi Capek Jalan-Jalan Promosi, Lomba Tinggal Sisa Tenaga

MotoGP 2014 Jelang Argentina: Cegat Marquez di Eropa, Rossi Doang Punya Pengalaman


 

BAGIKAN