nhk

MotoGP 2014 Jelang Assen Belanda; Suzuki Ganti Mesin, Rangka Dan Elektronik

ManiakMotor – Tes, test dan test. Riset, riset dan riset. Itulah Suzuki dalam usahanya kembali ke MotoGP pada 2015.  Motornya rombak sana dan permak sini agar langsung ekesis begitu di seri pertama tahun depan. Baru lalu, saat latihan bersama di Catalunya, pasukan biru putih ini kembali menggunakan peranti yang semuanya baru.

Alasannya untuk penyesuaian dengan aturan ECU Magneti Marelli yang sebelumnya pakai Mitsubishi. Itu sama dengan tahun pertama Suzuki akan masuk ke Open Class. Tidak seperti target sebelumnya jadi tim pabrikan seperti Yamaha dan Honda. Otomatis spesifikasi mesin dan rangka pun diganti total baru.

Wah kolo begitu mah ganti motor baru. Di test itu diakui para pakar di tim Suzuki mendapat informasii kecepatan, kenyamanan dan arah riset selanjutnyai. Apalagi patokannya latihan bersama tim yang matang di MotoGP. “Perangkat baru ini menjanjikan. Terutama dari materi elektroniknya. Tim punya informasi banyak untuk dikembangkan dalam test selanjutnya,” kata Davide Brivio, manajer tim Suzuki MotoGP.

Maklumlah, bila tim dan pembalap reguler MotoGP hanya sehari melakukan test di Catalunya pada 16 Juni lalu, Suzuki lanjut tiga hari. Testernya Randy de Puniet bisa melakukan 600 lap. Kalikan  dengan panjang sirkuit Catalunya 4.7 km, sekitar 2.400 km ditempuhnya. Itu sama dengan dari Jakarta ke Sulewesi Selatan, hehe. Di test hari pertama itu, Puniet ke-17 dari 23 pembalap. Hari-hari selanjutnya sudah tak diumumkan, lantaran latihan sendirian.  
 
Randy bilang ada peningkatan pada spesifikasi terbaru Suzuki. Reaksi tenaga dari mesin anyar lebnih enak dikontrol, manuver sasis gress juga mudah dihendling, dan laju motor teratur pada jalur berkat perangkat elektroniknya. “Potensi Suzuki memang ada, tapi harus bekerja lebih keras untuk membangun motor yang lebih oke di kompetisi sebenarnya,” kata Puniet yang dari namanya pasti orang Prancis, hehe.

Ditesting tersebut Puniet didampingi tester lain dari Jepang. Namanya Takuya Tsuda. Suzuki masih banyak kesempatan untuk uji ini dan itu sepanjang 2014. Itu masih ditambah testing resmi dari IRTA jelang MotoGP 2015. Siapa tahu dalam periode itu tercipta motor yang kompetitif melawan Honda dan Yamaha tahun depan. Apalagi Suzuki lagi getol mengejar pembalap papan atas yang akan disandingkan dengan Puniet. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Assen (Jelang): Crutchlow Aman di Ducati, Tapi Nggak Nyaman

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Dilema Dovisiozo di Antara Ducati, Suzuki, dan Honda

MotoGP 2014 Assen (Jelang): Giliran Nakamoto Soal Kontrak Pedrosa, Pesan buat Lorenzo?

MotoGP 2014 Assen Belanda (Jelang): Dibidik Suzuki, Iannone Justru Incar Pabrikan Ducati

MotoGP 2014 Assen (Jelang): Bigbos Yamaha Puji Rossi, Potensi Perpanjangan Kontrak

 

BAGIKAN