nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika: Rossi Perkirakan Marquez Juara Dunia, Ia Akan Membendungnya

ManiakMotor – Velentino Rossi dalam wawancara televisi Sky Italia tetap memperkirakan kandidat kuat adalah Marc Marquez. Ya, kandidat juara dunia tahun ini. Ia tak sebut sama sekali Jorge Lorenzo, namun ia berharap tetap Yamaha yang juara dunia.

Rossi tidak beri analisa menunjuk Marquez sebagai kandidatnya. Kalau begitu, ditinjau dengan elmu kira-kira maniakmotor.com saja. Bahwa, Marquez punya talenta komplit saat masuk MotoGP. Penguasaan motornya apik dengan membawa taktik sendiri. Caranya ngebut efisien, motornya tegak duluan di areamenikung membuat tapak ban dan keseimbangan motor siap diberi power lebih besar dari pada yang masih meniidurkan motornya pada titik  sama. Tinggal badan Marquez dah, yang mengimbangi dan membuatnya seperti gelantungan.

Di sisi lain, Marquez punya mental baja juara dan fighter, berhati macan tak peduli anak yunior di balap prototipe yang senior ia tantang. “Saya pikir dia (Marquez) tetap kandidat kuat juara dunia tahun ini. Tapi saya akan membendung keberuntungannya,” jelas Rossi yang di seri pertama di Qatar duel keras dengan yuniornya itu.

Membendung Marquez, ia latihan keras dan pasti juga berpikir keras. Tidak disebut sekeras apa ia melatih fisiknya. Dari situasi menyambut seri MotoGP tahun lalu, Rossi jarang kelihatan berlatih rutin. Masuk MotoGP 2014, ia saban hari naik motor special engine YZ450F untuk dirt track di lahannya di Italia. Usai  dirt track, langsung ke gym miliknya. Tak ada waktu leha-leha, selain olah fisik untuk  menyamakan kebugarannya dengan anak muda MotoGP saat ini.

Di Austin ia berharap kinerja motornya akan sama dengan di Qatar. Memang, tengok kiprah M1 dan Rossi sendiri sejak test Sepang 1 dan Sepang2 sampai ke Qatar, terjadi peningkatan dibanding di era sama 2013. Terutama soal distribusi bobot yang pas dengan Rossi saat ini. Tahun lalu, masalah itu jadi hambatan utama Rossi yang membuat sistem pengereman bekerja ampun-ampunan.

Tahun lalu juga, M1 Rossi belum dipasangi SSG (seamless shift gearbox) yang sangat dibutuhkan berakselerasi kuat di 20 tikungan Austin. Termasuk di dalamnya bikin motor lebih tenang, bikin stamina joki tak cepat loyo. “Pokoknya M1 motor kesukaan saya. Saya sudah pernah naik Aprilia, Ducati, dan Honda, tapi M1 spesial. Saya berharap, M1 bekerja lebih baik untuk berada di baris depan bukan hanya di Austin, tapi pada semua lomba,” jelas Rossi saat ditanya soal motor favoritnya.

Suzuki belum dicoba bro. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin: Rossi Uji Diri Di Texas, Ingin Di Balapan Seterusnya

MotoGP 2014 Jelang Austin: Berkat Duel Marquez-Rossi, Penonton Sedunia Membludak

MotoGP 2014 Jelang Austin: Honda RCV1000R, Soal BBM, Elektronik Atau Faktor Stoner?

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika: Spencer Jagokan Marquez – Rossi – Lorenzo

MotoGP 2014 Jelang Austin: Manfaatkan Celah Regulasi, Ducati Curi Jerez

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353