nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika: Tanda Tanya RCV1000R

ManiakMotor – Trek Austin dinilai klop dengan ruh Honda. Itu dibuktikan RC213V tahun lalu yang sejak latihan sampai lomba sulit didekati. Macam mana kalau spek RCV1000R yang dimainkan di sana?

Hmmm, menarik juga tuh! Siapa tahu bisa melawan Yamaha FTR setelah tak bisa berbuat banyak di GP Qatar. Mestinya Nicky Hayden dan Scott Redding tersenyum ke Austin. Sebanyak 20 tikungan yang sebagian besar membutuhkan pengereman dan akselerasi, teorinya mereka unggul. Di Losail seperti diceritakan Hayden dan Redding,  mereka kalah power. Pasalnya, mereka bawa BBM yang cekak. Hanya 22,2 liter semenatara tim Open Class lain diisi 24 liter.

Hasil Losail jadi pelajaran. Pola pikir sederhana, berarti tinggal beresin speed untuk Austin.  Memang prakteknya nanti pasti tak sesederhana itu! Ndak mungkinlah main cepat di kedua sisi. Harus ada prioritas di trek panjang, apakah mau ambil 20 tikungan atau ambil top speed di treklurus yang satunya berjarak 1.200 meter. Tinggal pilih.

Yang jelas, persaingan Hayden dengan Redding bakal terbuka dari empat unit RCV100R yang beredar. Dua lainnya ditunggagi Hiroshi Aoyama dan Karel Abraham. Buat Hayden yang kini gabung di tim Aspar, tanding di Amrik selalu istimewa karena pembalap tuan rumah. Selalu lebih termotivasi dan percaya diri.

Meski statusnya mantan juara dunia 2006, kini doski harus tahu diri untuk tidak bikin target muluk-muluk. “Menjadi terbaik di Open Class adalah harapan terbaik,” tandas manatan rider pabrikan Honda dan Ducati itu yang kini terganjal masalah teknis di kubunya. Pasalnya, musim lalu para teknisi Aspar menangani mesin Aprilia dan baru tahun ini pegang Honda.

Beda degan Scott Redding di tim Gresini Honda yang memang sudah lama berdarah Honda. Paara mkanik lbih mudah menangkap dan membuat setingan seperti kehendaknya. Seperti hayden, Redding pun mengincar posisi terbaik Open Class, minimal di antara RCV1000R. “Masuk Austin dengan geberan MotoGP jadi tantangan spesial. Saya suka treknya dan tahun lalu menjadi pole sitter di Moto2. Sudah tak sabar nih,” cetusnya.

Sabar untuk juara kan, hehe. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin: Ke Texas Lorenzo Andalkan SSG dan Sasis Baru

MotoGP 2014 Jelang Austin Texas: Rossi The Doctor vs The Fighter Jilid 2?

MotoGP 2014 Jelang Austin; Nih Artinya Marquez Makin Percaya Diri, Tak Takut Salah

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika: Pedrosa Ingin Tuntaskan Dendam Pada Marquez

 

BAGIKAN