nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika; Ujian Sungguhan M1 Vs RCV213V Bersama Jokinya

 

 

ManiakMotor – Tahun lalu di Austin sejak sesi test pribadi,  free practice, kualifikasi sampai lomba sepenuhnya milik Honda RC213V. Yamaha M1 agak membaik saat penyesuaian girboks pada raceday. Itu pun Jorge Lorenzo hanya bisa membayangi Marc Marquez dan Dani Pedrosa dari jauh penunggang RC213V. Sedang Valentino Rossi cukup ke-7 dengan berbagai persoalan distribusi bobot yang ujungnya menyerang remnya 2013.

Saat itu, Lorenzo mengaku telah dapat solusi memainkan motornya di tikungan pertama menuju tikungan 2 yang teknikal bangat, biang melambatnya M1. Sayang, ia mengaku terlambat mengetahui celah tersebut. Modifikasi girboksnya dilakukannya sesuai tuntutan menikung dikerjakan buru-buru usai pemanasan sebelum race. “Tidak ada waktu,” jelas Lorenzo yang tentu celah tersebut akan diantasipasinya musim ini.

Kondisi terkini dengan penyesuaian regulasi 2014, kedua belah pihak mengaku motor masing-masing makin sehat. M1  luwes terutama milik Rossi dan RC213V kian oke berlaga di Austin yang komplet hambatannya. Di sana ada tikungan pendek-pendek hingga trek lurus terpanjang dunia!  Berarti di sinilah ukuran M1 dan RC213V bersama joki-jokinya. “Motor kami saat ini paling sehat,” jelas Livio Suppo, Team Principal Repsol Honda tempat MM dan DP bernaung yang saban bicara selalu menegaskan RC213V siap tanding di semua sirkuit.  

Sesuai cuap-cuap Lorenzo dan Rossi tahun lalu, RCV213 di Austin diuntungkan seamless shift gearbox (SSG). Maklum dari 20 tikungan, lebih dari separuh menuntut akselerasi keras dengan perubahan kecepatan drastis yang otomatis butuh pindah-pindah gigi persneling dari rendah. Marquez dan Pedrosa dengan leluasa ngebut dengan motornya yang memang mau ngikut line Austin.

Tahun ini dan minggu ini yang sudah mulai 11 April 2014 dengan free practice, M1 juga sudah memiliki SSG, peranti dibutuhkan di Austin. M1 bersama jokinya tak kerepotan menghendling keluar tikungan gejala paling terasa tanpa SSG dan non SSG. Dijelaskan berkali-kali, SSG saat terjadi perubahan reduksi (pindah gigi) tanpa memberi jeda. Perbandingan hitungan giginya tak terasa berubah, motor tetap tenang meluncur. Walau ada gejala angkat roda depan, namun bisa dikoreksi cepat. Itu kata JL dan VR saat pertama kali pakai SSG.

Bukan hanya itu, khusus M1 Rossi yang sakses di testing Sepang1 dan Sepang2 terbukti di lomba benaran di Qatar yang duel bersama Marquez. Jelas di Austin akan diuji ulang. SSG-nya, distribusi bobotnya sehingga menyatunya M1 dengan Rossi boleh ditinjau di Austin.  Di dalamnya stamina dan refleks Rossi, karena sirkuit tersebut menuntut semua hal itu.

Tunggu saja, macam mana? Tapi sebelumnya jangan GOLPUT, ikut nyoblos. Ito    

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin Texas: Dovi Pesimis Ducati Bisa Ciamik, Crutchlow Sebaliknya

MotoGP 2014 Jelang Austin Texas; Lorenzo Mutar Dulu ke Kolombia dan Meksiko

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika: Musim 2015, Redding Harus Pacu RC213V Pabrikan

MotoGP 2014: Ngegosip Bareng Rossi (3), Serius Menyiapkan Pengganti

MotoGP 2014 Austin: Ngegosip Bareng Rossi (2), Marquez Sebagai Musuh Baru

   

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353