nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin: Bukan Per Klep Sebab RCV1000R, Belum Ngelawan

ManiakMotor – Hasil tes pramusim dan GP Qatar membuktikan pacuan Honda di Open Class (OC) kalah power. Power kalah, speed juga kalahs. Pembalapnya mengeluh, tapi bos Honda merasa tak perlu panik dan bru-buru membuat pengembangan.

Seperti diungkap Nicky Hayden dan Scott Redding, RCV1000R memiliki kelemahan di trek lurus Sepang dan Losail. Cerita lemah di trek lurus sama saja nggak punya tenaga yang cepat untuk mencapai top speed. Tentu itu dibanding dengan Yamaha di Open Class, bukan dengan motor sampeyan. Alasannya sih, pacuan mereka belum pakai pneumatic untuk mengembalikan posisi katup masuk dan buang setelah didorong noken-as.

Motor ini masih mengandalkan pegas pada klepnya. Namanya per punya keterbatasan untuk mengembangkan rpm lebih tinggi. Takuitnya pernya nggak kuat bikin klepnya floating. Karena itu, jatah bahan bakar di Open Class bisa dipakai sampai 24 liter, motor ini hanya 22,2 liter. Dari ilmu kira-kira portal ini, rupanya HRC seperti membatasi tenaga yang diproduksi RCV1000R.

Pacuan yang diproduksi untuk jualan itu pun ndak pakai SSG seperti Honda lainnya di tim pabrikan dan satelit. Tapi, keluhan itu ditanggapi ringan oleh Livio Suppo yang jabatannya Team Principal Repsol Honda.

Kata Suppo tak perlu panik melihat hasil sementara. Ia pun merasa tak perlu buru-buru atau grasa-grusu untuk bikin pengembangan baru dengan merombak spek saat ini. “Kami masih kesulitan mencocokkan karakter mesin Honda dengan ECU buatan magneti Marelli. Sabar sedikitlah, karena semua orang juga pastinya tak berharap motor ini langsung jadi juara,” cetus Suppo.

Ya, karena tarung di OC maka RCV1000R memang wajib pakai ECU seragam yang dipasok Magneti Marelli. Smentara Honda pabrikan dan satelit memakai ECU sendiri. Menurut Suppo di sektor itulah RCV1000R masih harus diperbaiki, bukan pneumatic seperti dugaan portal ini, hehe.

Dengan begitu sepertinya pacuan Hayden dan Redding belum ada pengembangan signifikan dalam beberapa race ke depan. Kalau keduanya masih mengeluh juga, ya telan dululah Bro! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Amerika: Schwantz Kembali Pegang Austin, Ikut Tes Suzuki Di Texas

MotoGP 2014 Jelang Austin: Mesti Hemat BBM, RCV1000R Masih Masalah

MotoGP 2014 Jelang Austin: Marquez Ikut Mencari Pesawat MH370

MotoGP 2014 Jelang Austin: Ducati Masih Understeer, Gigi Terus Berbenah

 

 

BAGIKAN