nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin: Ducati Masih Understeer, Gigi Terus Berbenah

 

 

ManiakMotor – Terobosan Ducati pindah ke Open Class (OC) berbuah manis di Qatar. Macam mana di ronde kedua Austin, Amrik, dua minggu lagi yang karakternya sangat beda?

Duet joki Desmosedici GP14 terbilang sukses di Losail. Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow finish urutan 5 dan 6. Sikit lagi ke podium hehehe. Itu terbilang fantastis karena Dovi musim lalu hanya bisa finish ke-7. Lebih penting catatan waktu yang kini tepangkas setengah detik dari tahun lalu. “Masih ada masalah saat lomba karena  understeer, tapi secara umum Desmosedici GP14 berkembang,” ujar Dovi yang kembali singgung soal understeer, persolan sepanjang Desmosedici dibikin.

Sayang tidak dijelaskan si Dovi gejala understeering saat masuk atau keluar tikungan. Juga gejalanya saat on-throttle  (digas) atau off-throttle (gas ditutup). Understeering adalah motor ogah belok di tikungan. Harusnya menusuk masuk ke dalam yang gejala understeering malah menuju out, memaksa jokinya harus mengurangi kecepatan.  

Cal yang jalani debutnya dengan Ducati pun mengakui puas di urutan 6, terlebih karena ia masih dalam proses adaptasi. Mencapai finish saja pun Cal mengaku butuh perjuangan keras karena sistem elektrik dan transpondernya bermasalah. “Mekanik harus kerja ekstra keras memeperbaiki motor seusai sesi warm-up. Urutan 6 ini buah kerja mereka dan saya harus bilang terima kasih,” ujar rider Inggris itu yang klontang di sesi pemanasan.

Keluhan Dovi dan Cal jadi masukan penting buat Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna selaku penanggungjawab teknis. Mantan pembesar Aprilia itu bilang proses pengembangan Desmo terus berlangsung dan pembenahan di beberapa area. “Selisih dengan pembalap terdepan sudah membaik, tapi kami tetap harus kerja keras menyongsong seri berikutnya,” ujar Gigi yang wajib cari solusi soal understeer yang jadi penyakit kambuhan Desmosedici.

Top speed Desmo di Qatar paling baik. Tapi kejar top speed, akselerasi dikorbankan. Dovi memiliki top speed rata-rata tertinggi di lintasan lurus Losail, kecepatannya mencapai 348 km/jam. Nah, bisakah itu dimaksimalkan menjadi keuntungan di Austin. Ingat Austin punya trek lurusnya terbentang 1,2 km, tapi juga punya trek pendek-pendek yang kaya akselerasi. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika; M1 Dan Rossi Hanya Bagus Di Qatar????

MotoGP 2014: Kelebihan BBM Dan Bobot Badan, Bikin Aleix Sulit Menyalib

MotoGP 2014: SSG Tech3 Bikin Gemas Pembalapnya, Keduanya Jumpalitan

Moto2 2014 Qatar: Nakagami Didiskualifikasi, Gara-Gara Filter Udara

 

 

 

BAGIKAN