nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin: Lorenzo Sempat Mau Pindah ke Open Class, Rossi Nggak?

ManiakMotor – Pada tes pramusim Sepang1, kiprah Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha MotoGP) terbilang tidak istimewa, sebagai ukuran Lorenzo. Yamaha FTR besutan Aleix Espargaro justru melambung dan itu membuat JL kecewa.

Terkuak rumor panas saat itu. JL dikabarkan berniat menguji YZR-M1 spesifikasi Open Class macam yang dipakai Aleix. Bukan dikompori Aleix. Pengetahuan teknis dan keyakinan JL soal pacuan yang pernah digebernya pada 2013. Ia yakin setara Marc Marquez dalam perebutan gelar juara dunia 2014.

Ada keuntungan motor OC dengan 12 mesin per musim. Mekanik JL bisa mencekek tuh motor sampai siem lewat porting-porting dan setelan ECU-nya. Kalkulasi daya tahan mesin menguntungkan dibanding pabrik hanya 5 unit per musim. Belum lagi BBM 24 liter dengan asumsi powernya bisa dibuka lebih banyak.

Karena  itulah JL minta pada timnya melakukan tes khusus. Jika hasilnya oke, ya lanjutkan Bro! Apakah itu cuma gosip? Sepertinya bukan bila menarawang omongan  Lin Jarvis yang diplomatis. Pakbos tim Yamaha itu tak membenarkan adanya permintaan JL, namun juga tidak membantah.

Katanya, banyak yang terkejut ketika ada joki Open Class yang melaju kencang. “Wajar pembalap lain ingin mencobanya dan bilang ‘mengapa bukan saya yang pakai’. Pembalap hanya punya satu misi, menang. Itu perspektif mereka dan selalu menuntut motor kencang. Logis itu,” ujar Jarvis yang pintar untuk tidak menyebut nama JL.

Ia tegaskan bukan hanya faktor BBM dan ban lunak yang menentukan kemenangan, masih banyak yang  lain. Rangkuman dari semua  itulah menjadi tugas insinyur teknik dan berpikir jauh ke depan. Jika pembalap tak setuju kebijakan tim, menurut Jarvis, itu pun lumrah karena memang tugas pembalap pula untuk membuat analisa dan usulan.

Memakai ban lunak memang sebuah keuntungan besar dan sebagainya keuntungan OC, bannya ngerip, pembalap yakin dengan kontak aspal. “Tapi,siapa yang bisa memastikan itu selalu bisa diandalkan dalam balapan. Jadi, kami memutuskan tetap dengan status tim pabrikan, tak ada alasan apa pun untuk mengubah kebijakan itu,” tegas Jarvis.

Menyimak jawaban Jarvis, sepertinya memang ada wacana, untuk apa dia  menegaskan hal itu? Tapi Rossi kayaknya nggak ya? Kan nggak disebut. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin: Marquez Berbakat Kaya, Mulai Jadi Bintang Iklan

MotoGP 2014 Jelang Austin: Bukan Per Klep Sebab RCV1000R, Belum Ngelawan

MotoGP 2014 Jelang Amerika: Schwantz Kembali Pegang Austin, Ikut Tes Suzuki Di Texas

MotoGP 2014 Jelang Austin: Mesti Hemat BBM, RCV1000R Masih Masalah

MotoGP 2014 Jelang Austin: Marquez Ikut Mencari Pesawat MH370

 

BAGIKAN