nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin: Manfaatkan Celah Regulasi, Ducati Curi Jerez

 

ManiakMotor – Menjadi pemain Open Class (OC), Ducati memang dapat sejumlah keuntungan. Itu dibanding tim pabrikan Yamaha dan Honda. Kala musuhnya dibatasi jadwal tes, Ducati boleh suka-suka di manapun ia mau tes sepanjang punya dana, hehehe. Memang selain test resmi, ada sekali test pribadi yang diizinkan.

OC dapat jatah 12 mesin per musim memang bisa ‘siksa’ rata-rata 1 mesin untuk dua seri. Ducati boleh terus-terusan mengorek mesin dan spare part lainnya, dan monggo melakukan tes private di sirkuit mana saja. Itulah yang kini tengah dimaksimalkan Ducati untuk meng-up-date Desmosedici GP14.

Ketika yang lain sibuk menyongsong seri GP Austin 11-13 April nanti, Ducati malah menggelar tes tersendiri dan tertutup di Sirkuit Jerez, Spanyol (31/3) hingga Rabu (2/4).  Yang dikirim pun para pembalkap utama macam Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Keduanya bergabung dengan test rider Michelle Pirro yang masih saja nggak bisa bilang wani piro.

Setidaknya begitulah bocoran yang diungkap GPOne.com. Tak disebutkan agenda Ducati menggelar tes di dalam sirkuit yang punya tikungan-tikungan pendek itu. Tapi, patut diduga untuk mengembangkan seamless gearbox mereka agar lebih optimal di Austin nanti. Austin juga banyak tikungan berdekatan, tapi juga punya yang panjang-panjang.

Tentu sekalian cari sumber penyakit understeer yang masaih terasa di Qatar. Sebab  besar kemungkinan di sektor itulah nantinya Desmo sulit membendung RC213V maupun YZR-M1 di trek Austin. Di seri pembuka GP Qatar baru lalu, duet Dovi dan Cal sama-sama mengaku pacuannya jauh lebih enteng, tapi gejala motor melebar (under) tetap saja ada.  

“Kami bisa lebih cepat 0,5 detik dari tahun lalu dan makin dekat dengan pembalap terdepan. Kami punya masalah di tikungan, masih ada gejala understeer. Tapi, secara keseluruhan  positif. Pengembangan yang dilakukan sudah tepat,” ujar Dovi kala itu.

Bila problem motor ndlosor diminimalisir maka makin dekat lagi dengan  lawan. Mungkin itulah yang ingin dicapai lewat tes Jerez. Kira-kira begitulah, karena sampai saat ini belum ada pernyataan! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin: Tantangan Spesial Buat Aleix, Ragu di Trek Lurus 1,2 Km

MotoGP 2014 Jelang Austin: Semua Pakai Ban Spek 2013, Yamaha Diuntungkan?

MotoGP 2014 Jelang Austin: 11-12 Dengan Marquez, Bradl Siap Hadang Rossi – Lorenzo

MotoGP 2014 Jelang Austin: Awas, Rossi Mesti Waspadai Bautista!

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353