nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin: Mesti Hemat BBM, RCV1000R Masih Masalah

 

ManiakMotor – Tadinya RCV1000R diprediksi mampu menguasai Open Class (OC), kelas yang  musim ini menggantikan  CRT. Saat diterbitkan pun para perancangnya yakin membuat gebrakan. Bahkan Casey Stoner dipanggil untuk mengujinya kepastiannya. Faktanya, saat ini kalah telak dari Yamaha FTR besutan Aleix Espargaro. Apa kata Scott Redding?

Redding rider muda Inggris jebolan Moto2. Ia salah satu penggeber Honda RCV1000R dari empat unit yang beredar. Bergabung dalam tim GO&FUN Gresini Honda, sejak awal patokan Redding berkompetisi dengan duet Nicky Hayden dan Hisrishi Aoyama (Drive M7 Aspar). “Hayden jadi target yang harus dilawan dengan pacuan yang sama, ia  senior,” tegas Redding untuk memicu semangat diri sendiri.

Di seri pembuka GP Qatar, pembalap berbadan bongsor itu sukses teratas penggeber RCV1000R. Ia finish ke-7 dan meraih 9 poin perdana di MotoGP. Hayden dan Aoyama ke-8 dan 11, sedang satu RCV1000R lagi milik Karel Abraham ke-13.

Menggulung Hayden dan Aoyama, Redding mengubah target. Sasarannya Aleix (NGM Forward Yamaha FTR) yang mengilap dan bikin kejutan sejak sesi tes pramusim. Hal terpenting yang kini diidambakan Redding adalah tambahan power pacuannya untuk sejajar milik Aleix.

Caranya memodifikasi tangki bahan bakar lebih besar dan menggunakan jatah 24 liter sesuai regulasi 2014 Open Class. Sejak awal Honda hanya mendesain untuk 22,2 liter BBM dengan pemikiran itu lebih efesien buat RCV1000R. Ternyata tidak menurut Redding. “Saya butuh power. Semua orang bisa lihat betapa kami kedodoran di trek lurus Qatar. Soal handling dan manuver di tikungan kami sangat baik, hanya butuh tambahan tenaga. Dengan kapsitas 22,2 liter saya harus menghemat BBM sepanjang balapan,” keluh Redding yang artinya harus tahan-tahan gas.

Ia mengaku tak mengerti dan tak habis pikir mengapa Honda membuat tanki BBM 22,2 liter padahal regulasi 24 liter.  Kalaupun ukuran tangki itu diubah maka biayanya pun tidaklah besar. “Saya tak paham apa latar belakangnya. Tapi, jika diberi BBM banyak, saya yakin mampu lebih dekat lagi,” harap runner up Moto2 2013 itu.

Maksudnya bro dengan tersedianya bahan bakar lebih banyak, mekanik bisa memboroskan setelannya. Makin banyak baham bakar kan, teorinya makin bertenaga. Setelan itu yang akan dikejar tim Redding. Tapi, jangan lupa, motor ini masih menggunakan per klep, bukan pneumatik. Kira-kira di situ Honda membatasi bahan bakarnya. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin: Marquez Ikut Mencari Pesawat MH370

MotoGP 2014 Jelang Austin: Ducati Masih Understeer, Gigi Terus Berbenah

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika; M1 Dan Rossi Hanya Bagus Di Qatar????

MotoGP 2014: Kelebihan BBM Dan Bobot Badan, Bikin Aleix Sulit Menyalib

MotoGP 2014: SSG Tech3 Bikin Gemas Pembalapnya, Keduanya Jumpalitan

 

 

BAGIKAN