nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin: Ngegosip Bareng Rossi, Lorenzo Musuh Pertama

 

ManiakMotor – Sejak tahun lalu Valentino Rossi mematok Jorge Lorenzo sebagai acuan. Jika M1-nya setara milik JL, ia berharap rutin naik podium. Tahun ini, JL menjadi orang pertama yang harus ia lewati, walau bukan terang-terangan dibicarakan dikalahkan.

Sebagai rekan satu tim dan memiliki merek dan tipe motor sama teknologinya, rival terdekat Rossi memang JL. Sebaliknya pun begitu. “Dia (Lorezo) musuh pertamaku. Sekarang saya senang gabung dalam satu tim dengannya. Saya berharap ia bertahan di Yamaha,” komentar Rossi yang juga ingin lanjut di Yamaha sampai 2016 bila kompetitif dalam artian mampu berebut podium secara rutin.

Saat regulasi 1.000 cc dengan memformat ulang rangka dan mesin, M1 2012 – 2013 murni  dirancang hasil karakter Lorenzo. Punya tipikal menikungnya yang harus parabolik dengan akslerasi mesin halus menuju peak power, bedalah dengan Rossi menusuk langsung ke sudut tikungan dengan persentase memelankan motor teratur. Itu butuh akselerasi lebih kuat usai menikung. Tahun ini hal itu sepertinya mulai terbentuk setelah M1 dibangun sesuai kehendak Rossi dari hasil 2013.

Dibilang sepertinya, karena hasil GP Qatar agak sulit jadi ukuran, lantaran tahun lalu dengan motor hasil olahan JL, Rossi pun juga kedua. “Banyak momen persaingan seru dengan Jorge dan itu sangat baik. Di masa lalu rivalitas kami memang buruk dan menjijikkan, tapi sekarang kami sudah dewasa. Harus bekerjasama untuk mengembangkan Yamaha,” tegas Rossi yang sempat satu tim dengan JL periode 2008-2010.

Karena sama-sama berkelas jawara, hubungan keduanya pun berubah dari rekan kerja menjadi musuh bebuyutan. Demikian besarnya tensi ketegangan di antara mereka, termasuk para mekaniknya, sehingga garasi tim keduanya harus dipisahkan tembok musim 2009. Kedua pihak tak saling tegor, boro-boro saling berbagi data dan informasi balapan. Di dalam lintasan pun mereka seolah tim yang berbeda. Tapi, itu dulu Bro!

Seperti dibilang Rossi, dewasa. Tapi, bukan tak mungkin, ulangan peristiwa 2009 muncul bila keduanya terpaksa saling ‘bantai’ di lintasan karena memang Rossi ingin mensetarakan motornya dengan Lorenzo. Nah, macam mana rivalitas VR46 dengan JL musim ini dan kembali bisa dilihat di Austin minggu ini, saat posisi JL belum punya poin. Di saat sama M1 Rossi diuji pas buat semua sirkuit. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Austin: Ngegosip Bareng Rossi (2), Marquez Sebagai Musuh Baru

MotoGP 2014 Jelang Austin: Pasukan Rossi Incar Posisi Moto3

MotoGP 2014 Jelang Austin: Marquez Kian Pede, Ogah Mikirin Agostini dan Doohan

MotoGP 2014 Jelang Austin: Rossi/Lorenzo Lanjut Sampai 2016 Bersama Yamaha

MotoGP 2014 Jelang Austin: Rossi dan Bridgestone Luncurkan Club46

MotoGP 2014 Jelang Austin: Tes Ducati di Jerez, Hanya Sukses Bikin Film

 

BAGIKAN