nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin; Nih Artinya Marquez Makin Percaya Diri, Tak Takut Salah

 

ManiakMotor – Percaya diri itu sama saja yakin akan kemampuan diri sendiri, tapi nggak boleh sangat yakin malah jadi over confidence. Si Marc Marquez disebut-sebut sudah sangat percaya diri. Macam mana, bila diartikan saat dia membawa motor memerlakukannya di trek atau sirkuit? Maklumlah, tulisan-tulisan saat ini hanya bilang dia percaya diri.

Freddie Spencer yang rekor juara termudanya dipatahkan Marquez menyebut seperti itu. Katanya dia, “Marquez kian percaya diri, membawa motornya juga makin tenang,” sebut Spencer yang kembali menjagokan Marquez tahun ini tanpa menyebut arti percaya diri dalam prakteknya dengan teknik mengebut.

Begini. Ya begitu. Marquez yakin tanpa akan melakukan kesalahan mengambil tindakan dan berpikir cepat di jok motor. Salah pun, ia boleh mengoreksinya. Yakin dengan taktik dan motor yang ditungganginya. Itu baru salah satu percaya diri. Maaf ini hanya ilmu kira-kira penulis seperti kualifikasi, di sudut tikungan yang sulit Marquez sanggup lebih cepat dari lawan.

Contoh menunda titik pengereman, ia yakin lewat gerakan tubuhnya belokan di depannya bisa dilumat. Lalu masuk tikungan roda belakang digeser keluar searah tikungan, moncong motor pun lebih tajam menikung. Saat keluar sebelum radius tutas, motornya malah ditegakkan dan doski hanya gelantungan melawan inersia. Motor sih sudah siap terima power lebih besar. Itu bisa dilakukan karena yakin punya kemampuan.  Ya, percaya diri, pede geeetu loh.

Duel langsung untuk menyerang musuh pun, ia tak takut salah mengambil ‘tipis-tipis’ seperti yang ia peragakan melawan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Mirip yang punya jam terbang tinggi. Maklumlah, taktik macam itu biasanya dilakukan mereka yang sudah senior. Dan ia tahu yang diajak bertempur sudah bangkotan di MotoGP yang bisa main rapi dengan serbuannya. “Gaya saya ya menyerang, banyak yang nggak suka, tapi penonton menikmati,” kata Marquez.

Kini, pembalap Repsol Honda Team itu menuju Austin, Texas, Amerika yang sesi latihannya telah dimulai 11 April 2014. Pembalap Spanyol yang katanya belum pulih betul itu, kian tahu akan keterampilannya lantaran ia sudah punya pengalaman juara di Austin. Sirkuit yang baru tahun lalu diipakai dan sangat teknikal. “Untung 11 tikungannya ke kiri, jadi kaki kanan yang cidera tidak banyak terima beban,” jelas Marquez. 

Indikasi makin pede tuh. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika: Pedrosa Ingin Tuntaskan Dendam Pada Marquez

MotoGP 2014 Jelang Austin: Marquez Bersyukur Ada 11 Tikungan Kiri di Texas

MotoGP 2014 Jelang Austin: Rossi ke Brazil, Main Motor Dan Bola Bersama Cafu

MotoGP 2014 Jelang Austin Amerika; Ujian Sungguhan M1 Vs RCV213V Bersama Jokinya

MotoGP 2014 Jelang Austin Texas: Dovi Pesimis Ducati Bisa Ciamik, Crutchlow Sebaliknya

 

 

 

 

 

BAGIKAN