nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin: Semua Pakai Ban Spek 2013, Yamaha Diuntungkan?

 

ManiakMotor – Ini berita terbaru dari Bridgestone, pemasok ban MotoGP. Belum siap dengan spek 2014, maka spek 2013 yang tetap akan digunakan di sirkuit Austin, Amerika yang sesi latihannya sudah dimulai 11 April 2014 mendatang.

Dari data lomba tahun lalu memang  tak ada problem khusus soal ban. Persoalannya kini hanyalah soal jumlah. Pabrikan ban Jepang itu ragu apakah bisa memenuhi kebutuhan semua pembalap di Austin, khususnya ban tipe medium yang cocok dengan suhu Austin untuk spek 2014.

Musim lalu saat raceday, suhu udara Austin tercatat 23oC sementara suhu lintasan 38*C. “Ini hanyalah masalah produksi, bukan soal daya tahan ban. Opsi terbaik adalah memberikan spek 2013 buat semua pembalap. Ini hanya berlaku di Austin, selanjutnya pakai spek 2014 di semua trek,” ujar juru bicara Bridgestone dalam rilisnya.

Kurang enak buat Bridgestone, sepertinya mereka kekurangan bahan karet pabrikan kelas dunia. Ya, maklumlah, getah pohon karet yang banyak dipasok dari hutan Sumatera lagi tergaggu, kan pembakaran hutan lagi meraja lela, hehe. Tapi itu kabar baik dan menguntungkan buat Yamaha. Sebab, kedua pembalapnya kurang pede dengan spek 2014.

Menyimak pernyataan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi saat mencoba ban slick spesifkasi 2014, mungkin saja menguntungkan. Keduanya terang-terangan bilang ban itu bikin masalah dan hanya cocok buat Honda. Apakah itu akan terbukti di medan laga, tunggu dulu Bro! Ban hanyalah satu bagian penting untuk memenangi balapan. Apalagi, tahun lalu pun dengan ban yang sama tetap saja Honda yang meraja di Austin.

Justru perubahan mendadak makin sulit memprediksi bakal hasil Austin. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin: 11-12 Dengan Marquez, Bradl Siap Hadang Rossi – Lorenzo

MotoGP 2014 Jelang Austin: Awas, Rossi Mesti Waspadai Bautista!

MotoGP 2014; Motorik Rossi Masih Kaya, Modal Bermain Gesit Di Austin..!

MotoGP 2014 Jelang Austin: Lorenzo Sempat Mau Pindah ke Open Class, Rossi Nggak?

 

 

 

BAGIKAN