nhk

MotoGP 2014 Jelang Austin: Tantangan Spesial Buat Aleix, Ragu di Trek Lurus 1,2 Km

 

ManiakMotor – Apakah Aleix Espargaro di atas Yamaha FTR bisa tercepat di Sirkuit Austin, Texas, AS? Penantian yang layak dinanti, ya menarik pada ronde kedua MotoGP pada 11-13 April nanti. Memborong tiga sesi Free Practice GP Qatar, Aleix gagal pole position akibat terjungkal dua kali dalam sesi QTT.

Itu jadi pelajaran untuk tenang saat tampil pada sesi krusial. Yang penting bisa star baris pertama atau kedua. “Di Qatar saya start dari baris ketiga. Sangat sulit menyalip. Andai start dari baris kedua saja, mungkin bisa bertarung memperebutkan podium,” kata Aleix yang start dari urutan 9 dan finish ke-4. Hanya mungkin, dilihat dari kestabilan Yamaha FTR-nya posisi ke-4 sudah ideal.

Menuju Austin, pede-nya  Aleix tak sebesar ke Qatar. Ia kaurang data Open Class di trek dihambat  20 tikungan itu. Open Class baru diperkenalkan musim ini dan tak ada tes sebelumnya di Austin. Tikungan-tikungan pendek Austin tak terlalu menakutkan Aleix meski pacuannya tak dibekali SSG yang dianggap sangat bermanfaat pada sirkuit tersebut.

Yang ia khawatirkan adalah lintasan lurus Austin sepanjang 1,2 km yang merupakan terpanjang sedunia. “Pacuan saya agak terhambat di trek lurus, setidaknya sampai ronde Jerez di mana kami akan dapatkan fairing baru,” kata juara kelas CRT 2013 itu. Kolo sebut fairing, artinya aero dinamika motornnya sekarang belum bagus-bagus amat.

Dengan kondisi itu Aleix pun ragu apakah bisa meraih predikat tercepat di Austin, namun di saat bersamaan justru hal itu ia anggap sebagai tantangan. “Yang terbaik bisa dilakukan pada sesi Sabtu adalah mencoba mendapatkan starting grid di depan atau baris kedua. Setelah itu barulah bisa melihat potensi podium atau tidak,” tandasnya tanpa berani mematok target podium seperti halnya Alvaro Bautista dan Stefan Bradl yang sudah koar-koar. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Austin: Semua Pakai Ban Spek 2013, Yamaha Diuntungkan?

MotoGP 2014 Jelang Austin: 11-12 Dengan Marquez, Bradl Siap Hadang Rossi – Lorenzo

MotoGP 2014 Jelang Austin: Awas, Rossi Mesti Waspadai Bautista!

MotoGP 2014; Motorik Rossi Masih Kaya, Modal Bermain Gesit Di Austin..!

 

BAGIKAN